gambar

Selasa, 24 Desember 2013

FORMAT PENILAIAN



FORMAT PENILAIAN
A.    JUDUL                                           : karakter berakhlak mulia dalam memperkuat komitmen negara kesatuan
B.     KOMPETENSI INTI                   :
SIKAP
1.      Menghayati dan Mengamalkan Ajaran Agama yang Dianutnya
2.      Menghayati dan mengamalkan prilku juju,disiplin , tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsive dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungn social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
PENGETAHUAN
3.      Mamahami, menerapkan, menganalisis d mengevaluasi pengetahuan factual, konsetual, posedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pegetahuan, tekhnologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaa, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KETERAMPILAN
4.      Mengolah, menalar, menyaji dan mencipta dalam raah konkret dan raah abstrak etrkai dengan pengembagan dari yang dipelajarinya di sekolah secara efetif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

C.    KOMPETENSI DASAR  :
1.4 Menghargai karakter berakhlak mulia dalam memperkuat komitmen Negara kesatuan

D.    INDIKATOR
1.4.1Menjelaskan sikap berakhlak mulia dalam memperkuat komitmen Negara kesatuan
1.4.2Menyebutkan makna berakhlak mulia dalam memperkuat komitmen Negara kesatuan
1.4.3Menerapkan sikap berakhlak mulia dalam memperkuat komitmen Negara kesatuan
E.     TUJUAN PEMBELAJARAN
   Melalui proses mencari informasi, menanya, dan berdiskusi  Peserta didik  dapat:
·               Menjelaskan sikap berakhlak mulia dalam memperkuat komitmen Negara kesatuan
·               Menyebutkan makna berakhlak mulia dalam memperkuat komitmen Negara kesatuan
·               Menerapkan sikap berakhlak mulia dalam memperkuat komitmen Negara kesatuan
Tabel Spesifikasi Lembar Penilaian
Indikator
LP dan Butir Soal
Kunci LP dan Butir Soal
KOGNITIF
·         Indikator 1 = 11 soal
8 soal pilihan ganda
3 soal essay

·         Indikator 2 = 8 soal
6 soal pilihan ganda
2 soal essay


·         Indikator 3 = 6 soal
6 soal pilihan ganda
0 soal essay

·   Pilihan ganda:
1.) C1, 2.) C2, 3.) C2, 4.) C2, 5.) C1, 6.) C2 7.)C4 8.)C1
Essay: 1.) C1, 2.) C1 3.) C1
·   Pilihan ganda:
9.)C1, 10.) C2, 11.) C3, 12.)  C3, 13.) C1, 14.) C1,
Essay:4.) C2 5.)C1
·   Pilihan ganda:
15.) C1, 16.) C1, 17.) C2, 18.) C2, 19.) C3, 20.) C3
Essay:-


Terlampir


Terlampir





Terlampir
PSIKOMOTOR:
-
-
AFEKTIF
Sikap:
Jujur, tanggung jawab, hati-hati, dan teliti, dsb.
Penilaian karakter terlampir
-
Keterampilan Sosial
Bertanya, menyumbang ide atau berpendapat, menjadi pendengar yang baik,komunikasi.
Penilaian keterampilan sosial terlampir
-


LAMPIRAN
Soal                             : 20 Soal
1.      Pilihan Ganda                 :
Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, d, atau e di depan jawaban yang benar!
1.      Misi utama rasulullah adalah mengajak umat manusia untuk memeluk agama..
a.       Samawi
b.      Kristen
c.       Yahudi
d.      Islam
e.       Semua salah
2.      Rasulullah SAW selain mengemban misi membenahi akhlak umat manusia juga..
a.       Mengemban misi membenahi korupsi
b.      Mengemban misi membenahi kolusi
c.       Mengemban misi membenahi nepotisme
d.      Mengemban misi membenahi KKN
e.       Mengemban misi membenahi aqidah
3.      Akhlak berarti, kecuali..
a.       Prilaku
b.      Sikap
c.       Perbuatan
d.      Adab dan sopan santun
e.       Aqidah
4.      Secara garis besar, akhlak mulia itu dapat dikelompokkan kedalam ….kelompok, yaitu
a.       2 kelompok yaitu akhlak kepada allah dan akhlak kepada sesama manusia
b.      1 kelompok yaitu akhlak kepada allah
c.       1 kelompok, yaitu akhlak kepada ciptaaan allah
d.      2 kelompok, yaitu akhlak kepada allah dan akhlak kepada rasulnyah
e.       2 kelompok, yaitu akhlak kepada allah dan akhlak kepada ciptaan allah
5.      Ciptaan allah meliputi..
a.       Yang gaib
b.      Yang nyata
c.       Yang benda hidup
d.      Yang benda mati
e.       Semuanya benar
6.      Fungsi dan tujuan pengamalan akhlak mulia bagi umat manusia adalah, kecuali..
a.       Sebagai identitas
b.      Sebagai tatanan social
c.       Sebagai rahmat seluruh dunia
d.      Sebagai syariat islam
e.       Sebagai perlindungan diri dan ham
7.      Akhlak mulia ini diperuntukkan oleh allah kepada manusia yang berakal budi karena dengan tuntunan akhlak yang mulia akan bisa membedahkan antara manusia dengan hewan, tujuan pengamalan akhlak mulia bagi umat manusia sebagai
a.       Pengamalan syariat islam
b.      Identitas
c.       Pengatur tatanan social
d.      Rahmat bagi seluruh alam
e.       Perlindungan diri dan ham
8.      Akhlak mulia sebagai pengatur  tatanan social berarti dengan pengamalan akhlak mulia yang sudah dicontohkan oleh…
a.       Syaidina abubakar asidiq
b.      Syadini  ali bin abi thalib
c.       Syidina Muhammad saw
d.      Syidina hesman binaffan
e.       Syidina umar bin khattab
9.      Dengan menjalin hubungan yang baik berdasarkan hokum dan syariat agama akan terbentuk hub yang saling menghargai dan saling menguntungkan adalah pengertian dari…
a.       Perlindungan diri  dan Hak asasi sendiri
b.      Perlindungan diri dan hak asasi manusia
c.       Perlindungan diri dan hak asasi hewan
d.      Perlindungan diri dan hak asasi malaikat
e.       Perlindungan diri dan hak asasi tumbuhan
10.  Akhlak mulia sebagai rahmat bagi seluruh
a.       Manusia
b.      Dunia
c.       Alam
d.      Hewan
e.       Malaikat
11.  Pada prinsipnya komitmen masyarakat Indonesia adalah
a.       Kesadaran dan keyakinan terhadap tekad yang terwujud dalam kebersamaan kolektif dalam kerangka satu, cinta tanah air, satu bangsa, satu bahasa yakni Malaysia
b.      Kesadaran dan keyakinan terhadap tekad yang terwujud dalam kebersamaan kolektif dalam kerangka satu, cinta tanah air, satu bangsa, satu bahasa yakni indonesia
c.       Kesadaran dan keyakinan terhadap tekad yang terwujud dalam kebersamaan kolektif dalam kerangka satu, cinta tanah air, satu bangsa, satu bahasa yakni islam
d.      Kesadaran dan keyakinan terhadap tekad yang terwujud dalam kebersamaan kolektif dalam kerangka satu, cinta tanah air, satu bangsa, satu bahasa yakni Indonesia dan malaysia
e.       Semua salah
12.  Bangsa Indonesia tahun 3000 pun tetap harus bisa menerima dan melaksanakan
a.       Pancasila
b.      Islam
c.       Uud 1945
d.      B.T.I
e.       A,C dan D benar
13.  Apakah dasar Negara dan alat pemersatu bangsa Indonesia
a.       Pancasila
b.      Panca indra
c.       Panca sona
d.      Uud 1945
e.       B.T.I
14.  Indonesia memiliki banyak suku namun perbedaan suku itu tidak menjadi masalah, karna adanya ,,….. Indonesia dalam butir pancasila
a.       Kekompakan
b.      Komitmen
c.       Persatuan
d.      Peradaban
e.       Semua salah
15.  Pancasila disebut juga ..
a.       5 dasar
b.      Way of life
c.       Pandangan hidup
d.      A,b, dan c benar
e.       B,c, benar

16.  Civil society, disebut juga..
a.       Masyarakat bebas
b.      Masyarakat luas
c.       Masyarakat madani
d.      Masyarakat demokratis
e.       Semua benar
17.  Dinamika sekarang berperang dengan menggunakan senjata (hard power) telah beralih keperang bersifat (soft power) dalam bentuk perang..
a.       Kebudayaan
b.      Ekonomi dan keuangan
c.       A dan b benar
d.      Informasi
e.       A,b dan d benar
18.  Aspek yang mempengaruhi
a.       Pengmalan pancasila secara konsisten dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
b.      Penegakan kedaulatan rakyat dalam segala aspek kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara
c.       Perwujudan aperatur Negara yang nerfungsi melayani masyarakat, professional, budaya sama produktif, transparan bebas dari kkn
d.      A,b,c benar
e.       Semua benar
19.  Perwujudan system dan iklim pendidikn nasional yang demokratis dan bermutu guna memperteguh…
a.       Akhlak mulia
b.      Kreatif dan disiplin
c.       Inovatif dan cerdas
d.      Hnya a dan b benar
e.       A,b,c benar
20.  Dibawah ini adalah contoh karakter berakhlak mulia dalam memperkuat komitmen Negara kesatuan, kecuali
a.       Sopan santun
b.      Menghormati yang lebih tua
c.       Meminta izin
d.      Menghina orang
e.       Mengajak orang berbuat baik

2. Essay                                              :
1. Jelaskan yang dimaksud dengan akhlak mulia?
2. Sebutkan fungsi dan tujuan pengamalan akhlak mulia bagi umat manusia?
3. Jelaskan arti perlindungan diri dan hak asasi manusia yang tercantum dalam fungsi dan tujuan pengamalan akhlak mulia?
4. Jelaskan prinsip komitmen kebangsaan masyarakat Indonesia?
5. sebutkan contoh karakter berakhlak mulia dalam memperkuat komitmen bangsa?

A.    Kunci Jawaban                    
1.      Pilihan Ganda                 :
2.      d
3.      e
4.      e
5.      e
6.      e
7.      c
8.      b
9.      c
10.  b
11.  c
12.  b
13.  e
14.  a
15.  c
16.  d
17.  c
18.  e
19.  e
20.  e
21.  d

2. Essay                                              :
1. Akhlak berarti prilaku, sikap, perbuatan, adab dan sopan santun. Akhlak mulia berati seluruh prilaku umat manusia yang sesuai dengan tuntunan Al-Quran dan Hadist  yaitu adab sopan santun yang dicontohkan dan diajarkan Rasulullah Muhammad SAW kepada kepada seluruh umat manusia ketika beliau masih hidup. Akhlak beliau adalah Al-Quran.
2. Secara garis besar fungsi dan tujuan pengamalan akhlak mulia bagi umat manusia adalah :
 a. Sebagai pengamalan Syariat Islam : Sebagai pengamalan Syariat Islam. Islam sebagai agama rahmat bagi seluruh alam semeste telah ,e,berikan tuntunan prilaku dan etika secar sempurna, sehingga dengan niat karena Allah SWT, pengamalan akhlak yang mulia itu insya Allah akan menjadi ibadah bagi umat islam yang mengamalkanya.
 b. Sebagai Identias : Sebagai Identias, Akhlak mulia ini diperuntukkan oleh Allah kepada manusia yang berakal budi karena dengan tuntunan akhlak yang mulia akanbisa membedakan antara manusia denga hewan.
c. Pengatur Tatanan Sosial : Akhlak Mulia Sebagai Pengatur Tatanan Sosial berarti dengan pengamalan akhlak mulia yang sudah dicontohkan oleh yang Mulia Saydina Muhammad SAW mengukuhkan bahwa manusia sebagai makhluk sosial tidak akan pernah bisa dan lepas dari pengaruh lingkungannya. Dengan akhlak mulia ini tatanan sosial yang terbentuk  semakin memberikan makna dan nilai yang tidak saling merugikan.
d. Rahmat Bagi Seluruh Alam : Akhlak Mulia Sebagai Rahmat Bagi Seluruh Alam berarti akhlak mulia yang diperuntukkan bagi manusia tidak hanya mengatur tatanan hubungan manusia dengan manusia lainnya tetapi juga hubungan antara manusia dengan makhluk – makluk lain selian manusia dan alam sekitarnya.
e . Perlindungan Diri dan Hak Azazi Manusia ( HAM ) : Akhlak Mulia Sebagai Perlindunagn Diri dan Hak Azazi Manusia ( HAM ) berarti dengan menjalin hubungan yang baik berdasarkan hukum dan syariat agama akan terbentuk hubungan yang saling menghargai dan saling menguntungkan.
                 3. Perlindungan Diri dan Hak Azazi Manusia ( HAM ) : Akhlak Mulia Sebagai Perlindunagn Diri dan Hak Azazi Manusia ( HAM ) berarti dengan menjalin hubungan yang baik berdasarkan hukum dan syariat agama akan terbentuk hubungan yang saling menghargai dan saling menguntungkan.
4. Komitmen kebangsaan masyarakat Indonesia pada prinsipnya adalah kesadaran dan keyakinan terhadap tekad yang terwujud dalam kebersamaan kolektif dalam kerangka satu cinta tanah air, satu bangsa dan satu bahasa – yakni INDONESIA.
5.     a. meminta izin
        b. Menghormati orang yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda
        c. Bersikap santun dan tidak sombong
d. Berbicara dengan perkataan yang sopan
e. Tidak boleh saling menghina
                        f. Tak boleh saling membenci dan iri hati
Pedoman Penskoran
       a. Petunjuk Penilaian Soal Pilihan Ganda               
Nomor Soal
Bobot Soal
1-20
5




Jumlah skor maksimal
100
Jika benar mendapatkan skor  100
Jika salah mendapatkan skor   0
Penentuan Nilai=N= Skor Perolehan      x 100
                                  Skor Maksimal



       b. Petunjuk Penilaian Soal Essay
No.
Butir Pertanyaan
Bobot soal
Kriteria Pensekoran
Nilai Akhir

0
5
10
15
20
1.
Jelaskan yang dimaksud dengan akhlak mulia?

20






2.
Sebutkan fungsi dan tujuan pengamalan akhlak mulia bagi umat manusia?
25






3.
Jelaskan arti perlindungan diri dan hak asasi manusia yang tercantum dalam fungsi dan tujuan pengamalan akhlak mulia?
25






4.
Jelaskan prinsip komitmen kebangsaan masyarakat Indonesia?
15






5.
sebutkan contoh karakter berakhlak mulia dalam memperkuat komitmen bangsa?
15






Jumlah skor maksimal = 100







c. Rubrik Penilaian (Pengetahuan/Pemahaman)
                   Soal No.1
Skor 20
Jika peserta didik mampu menjawab dengan jelas/tepat sesuai dengan kajian teori pada buku pembelajaran

Skor 15
jika peserta didik mampu menjawab dengan jelas/mendekati kajian teori pada buku pembelajaran
Skor 10
jika peserta didik menjawab tidak terlalu jelas /tepat dengan kajian teori  Pada buku pembelajaran

Skor 5
jika peserta didik  menjawab tidak sesuai dengan kajian teori pada buku pembelajaran
Skor 0
jika peserta  tidak menjawab satupun pertanyaan yang diberikan

                   Soal no. 2 dan 3
Skor 25
jika peserta didik mampu menjawab dengan jelas/tepat sesuai dengan kajian teori pada buku pembelajaran
Skor 20
jika peserta didik mampu menjawab dengan jelas /mendekati kajian teori  Pada buku pembelajaran

Skor 15
jika peserta didik menjawab tidak terlalu jelas /tepat dengan kajian teori  Pada buku pembelajaran

Skor 10
jika peserta didik  menjawab tidak sesuai dengan kajian teori pada buku pembelajaran
Skor 0
jika peserta  tidak menjawab satupun pertanyaan yang diberikan






          Soal no. 4 dan 5
Skor 15
jika peserta didik mampu menjawab dengan jelas/tepat sesuai dengan kajian teori pada buku pembelajaran
Skor 10
jika peserta didik mampu menjawab dengan jelas /mendekati kajian teori  Pada buku pembelajaran

Skor 5
jika peserta didik menjawab tidak terlalu jelas /tepat dengan kajian teori  Pada buku pembelajaran
Skor 0
jika peserta  tidak menjawab satupun pertanyaan yang diberikan
Penentuan Nilai
Nilai = skor yang diperoleh  x 100    
                               skor maksimum
INSTRUMEN NON TES
.                  Lembar Pengamatan aktivitas siswa pada saat diskusi dan presentasi
NO
NAMA SISWA
ASPEK PENGAMATAN
JUMLAH SKOR
NILAI
KET
KERJA SAMA
MENGKOMUNIKASIKAN PENDAPAT
TOLERANSI
KEAKTIFAN
BOBOT IDE










       
KKM                    : 65
Keterangan Skor :                                                            Skor Perolehan Nilai   = x100
Masing-masing kolom diisi dengan kriteria :                   Skor Maksimal Kriteria Nilai
4   = Baik Sekali                                                               A         = 89-100 Baik sekali
3   = Baik                                                                         B         = 77-88 Baik
2   = Cukup                                                                      C         = 65-76 Cukup
1   = Kurang                                                                     D         = <65 kurang="" span="">


Lembar Pengamatan presentasi
 LEMBAR PENILAIAN PRESENTASI
NO
NAMA SISWA
ASPEK PENILAIAN
JUMLAH SKOR
NILAI
KET
KOMUNIKASI
SISTEMATIKA PENYAMPAIAN
WAWASAN
KEBERANIAN
ANTUSIAS
GESTUR DAN PENAMPILAN




































































































        KKM                   : 65
Keterangan Skor :                                                            Skor Perolehan Nilai   = x100
Masing-masing kolom diisi dengan kriteria :                   Skor Maksimal Kriteria Nilai
4   = Baik Sekali                                                               A         = 89-100 Baik sekali
3   = Baik                                                                         B         = 77-88 Baik
2   = Cukup                                                                      C         = 65-76 Cukup
1   = Kurang                                                                     D         = <65 kurang="" span="">










Penilaian Karakter
NO
ASPEK PERILAKU
KATAGORI
KET
A
B
C
D
1
Membiasakan prilaku akhlak mulia





2
Membiasakan bertegur sapa antar sesama





3
Mengerjakan tugas dengan penuh tanggung jawab





4
Membiasakan untuk membina hidup rukun antar sesama





5
Menghormati antar sesama





6
Mematuhi peraturan





7
Membina kerukunan hidup antar ummat beragama





8
Membiasakan melaksanakan silaturahmi dengan sesama manusia












9
Membina kerjasama antar siswa





Keterangan      :
                                    A = Nampak
                                    B = Cukup Nampak
                                    C = Kurang Nampak
                                    D = Tidak Nampak

Penilaian Keterampilan Sosial

No
Aspek yang diamati
Kategori
Keterangan
1.
Bertanya
A
B
C
D

2.
Menyampaikan Ide
A
B
C
D

3.
Komunikasi
A
B
C
D

4.
Mendengar
A
B
C
D

5
Kerja sama
A
B
C
D

6
Keaktifan
A
B
C
D

7
Dukungan Kelompok
A
B
C
D

8
Dll
A
B
C
D

Keterangan      :
                                    4 = Sangat baik
                                    3 = Baik
                                    2 = Cukup
                                    1 = Kurang

Rekapitulasi Penilaian
No
Nama Peserta Didik
Aspek – aspek yang dinilai
Nilai =
P+A
2
Paraf Guru

Pengatahuan
Prilaku




























           








Mengetahui,
Kepala Sekolah,                                                                                  Guru Kelas XI

                                                                                                                   Muhammad amin
        NIP.                                                                                                    NIM.
        Catatan :
………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………........................................

23 komentar:

  1. gan, bisa minta tolong kasi tau itu teori'y siapa untuk cara penilaian pilihan gandanya ? lw berkenan sama referensi bukunya. terimakasih.

    BalasHapus
  2. teorinya gan,,,penting ni dan bermanfaat

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. thankyou for sharing this article, bisa minta ini rf/teori siapa?

    BalasHapus
  5. tolong buatin contoh yang aqidah akhlak

    BalasHapus
  6. Makasih ini sangat bermanfaat, terutama bagi sekolah yang mau akreditasi. Kebetulan sekolah saya mau akreditasi. Ijin copy

    BalasHapus
  7. Terimakasih kasih,ini sangat membantu guru guru yang kebetulan sekolahnya mau berakreditasi,

    BalasHapus
  8. This is very interesting, You’re a very skilled blogger. I have joined your rss feed and look forward to seeking more of your excellent post. Also, I have shared your web site in my social networks! ice cream ajax

    BalasHapus
  9. Please i just took up chihuahua puppies breeding as a hobby after my mom passed away because they were her favorite PUPPIES. Despite the fact that they are very intelligent, am finding it very difficult getting them to mate
    hairless cats for sale, hairless cat for sale, sphynx cat for sale near me, teacup chihuahua puppies for sale

    BalasHapus
  10. Superb articles. Keep writing such beautiful articles. Turkey entry requirements are updated as per the requirement of Time . And with only 1 click you can also check the all update of turkey entry requirement.

    BalasHapus
  11. 💰Make money playing games
    💰Make money watch video's
    💰Earn Free gift cards
    💵Cashout via paypal 🪙
    Sign-Up-Here

    BalasHapus