RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sa tuan Pendidikan : SMAN 1 MALLUSETASI
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas / Semester : XII / II ( Dua )
Materi Pokok : Karakter berakhlak mulia dalam memperkuat komitmen negara kesatuan
Pertemuan :
2x pertemuan
(3 jam pelajaran)
Alokasi Waktu :
2 x 45 menit
A. KOMPTENSI
INTI
SIKAP
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percayadiri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan social danalamdalamjangkauan pergaulandankeberadaannya
PENGETAHUAN
3.
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KETERAMPILAN
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN
KOMPETENSI
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
1.4.
Menghargai karakter berakhlak mulia dalam memperkuat komitnen Negara kesatuan
|
1. 4.1 Menjelaskan
pentingnya karakter berakhlak mulia dalam memperkuat komitnen
Negara kesatuan.
1.4.2 Menyebutkan makna karakter berakhlak mulia
dalam memperkuat komitnen Negara kesatuan
1.4.3
Menerapkan sikap karakter berakhlak mulia dalam memperkuat komitnen
Negara kesatuan
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Melalui proses
mencari informasi, menanya, dan berdiskusi
Peserta didik dapat:
1.
siswa dapat
menjelaskan pentingnya karakter berakhlak mulia dalam memperkuat komitnen
negara kesatuan
2.
siswa dapat menyebutkan
makna karakter berakhlak mulia dalam memperkuat komitnen negara kesatuan
3. siswa dapat Menerapkan sikap karakter berakhlak mulia dalam memperkuat
komitnen negara kesatuan
D. MATERI PEMBELAJARAN
A. BERAKHLAK
MULIA DALAM MEMPERKUAT KOMITMEN
NEGARA KESATUAN
Misi utama Rasulullah adalah
mengajak umat manusia untuk memeluk agama Islam, satu-satunya agama samawi dan
satu-satunya agama yang diridhai oleh Allah ta`ala. Selain akidah, beliau juga
mengemban misi membenahi akhlak umat manusia Akhlak. Kajian Akhlak Tauhid. Akhlak berarti prilaku, sikap, perbuatan, adab dan sopan santun.
Akhlak mulia berati seluruh prilaku umat manusia yang sesuai dengan tuntunan
Al-Quran dan Hadist yaitu adab sopan santun yang dicontohkan dan
diajarkan Rasulullah Muhammad SAW kepada kepada seluruh umat manusia ketika
beliau masih hidup. Akhlak beliau adalah Al-Quran.Akhlak atau adab sopan santun
yang telah dicontohkan dan diajarkan Rasulullah Muhammad SAW itu meliputi
akhlak manusia kepada Allah SWT dan Akhlak terhadap sesama ciptaan Allah, termasuk
didalamnya akhlak terhadap diri sendiri karena diri sendiri itu termasuk
ciptaan Allah Juga, lahir dan batin.
Secara garis besar, akhlak mulia itu dapat dikelmpokkan
kedalam dua kelompok yaitu:
1
|
1 . Akhlak kepada Allah
|
Akhlak mulia kepada Allah berati
mengikuti seluruh perintah yang telah disampikan Allah kepada Rasul yang Maha
Mulia Muhammad SAW. Seluruh perintah tersebut sudah tercatat dalam Al-Quran
dan Hadist.
|
|
2
|
2. Akhlak kepada ciptaan Allah
|
Akhlak terhadap ciptaan Allah
meliputi segala prilaku, sikap, perbuatan, adab dan sopan santun sesama
ciptaan Allah yang terdiri atas ciptaan Allah yang gaib dan ciptaan Allah
yang nyata, benda hidup dan benda mati.
|
fungsi dan tujuan pengamalan akhlak mulia bagi umat manusia
adalah :
1. Sebagai pengamalan Syariat Islam
Sebagai pengamalan Syariat Islam.
Islam sebagai agama rahmat bagi seluruh alam semeste telah ,e,berikan tuntunan
prilaku dan etika secar sempurna, sehingga dengan niat karena Allah SWT,
pengamalan akhlak yang mulia itu insya Allah akan menjadi ibadah bagi umat
islam yang mengamalkanya.
2.
Sebagai Identias
Sebagai Identias, Akhlak mulia ini diperuntukkan oleh Allah
kepada manusia yang berakal budi karena dengan tuntunan akhlak yang mulia
akanbisa membedakan antara manusia denga hewan.
3.
Pengatur Tatanan Sosial
Akhlak Mulia Sebagai Pengatur Tatanan Sosial berarti dengan
pengamalan akhlak mulia yang sudah dicontohkan oleh yang Mulia Saydina Muhammad
SAW mengukuhkan bahwa manusia sebagai makhluk sosial tidak akan pernah bisa dan
lepas dari pengaruh lingkungannya.
4.
Rahmat Bagi Seluruh Alam
Akhlak Mulia Sebagai Rahmat Bagi Seluruh Alam berarti akhlak
mulia yang diperuntukkan bagi manusia tidak hanya mengatur tatanan hubungan
manusia dengan manusia lainnya tetapi juga hubungan antara manusia dengan
makhluk – makluk lain selian manusia dan alam sekitarnya.
5.
Perlindungan Diri dan Hak Azazi Manusia ( HAM )
Akhlak Mulia Sebagai Perlindunagn Diri dan Hak Azazi Manusia
( HAM ) berarti dengan menjalin hubungan yang baik berdasarkan hukum dan
syariat agama akan terbentuk hubungan yang saling menghargai dan saling
menguntungkan.
B. CONTOH
KARAKTER BERAKHLAK MULIA DALAM MEMPERKUAT KOMITMEN NEGARA KESATUAN
a.
Meminta
Izin
Meminta izin di sini dalam artian kita tidak boleh meremehkan hak-hak atau milik teman apabila kita hendak menggunakan barang milik teman maka kita harus meminta izin terlebih dahulu.
Meminta izin di sini dalam artian kita tidak boleh meremehkan hak-hak atau milik teman apabila kita hendak menggunakan barang milik teman maka kita harus meminta izin terlebih dahulu.
b.
Menghormati
orang yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda
Remaja sebagai orang yang lebih muda sebaiknya menghormati yang lebih tua dan mengambil pelajaran dari hidup mereka. Selain itu, remaja juga harus menyayangi kepada adik yang lebih muda darinya, dan yang paling penting adalah memberikan tuntunan dan bimbingan kepada mereka ke jalan yang benar dan penuh kasih sayang.
Remaja sebagai orang yang lebih muda sebaiknya menghormati yang lebih tua dan mengambil pelajaran dari hidup mereka. Selain itu, remaja juga harus menyayangi kepada adik yang lebih muda darinya, dan yang paling penting adalah memberikan tuntunan dan bimbingan kepada mereka ke jalan yang benar dan penuh kasih sayang.
c.
Bersikap
santun dan tidak sombong
Dalam bergaul, penekanan perilaku yang baik sangat ditekankan agar teman bisa merasa nyaman berteman dengan kita. Kemudian sikap dasar remaja yang biasanya ingin terlihat lebih dari temannya sungguh tidak diterapkan dalam islam bahkan sombong merupakan sifat tercela yang dibenci Allah.
Dalam bergaul, penekanan perilaku yang baik sangat ditekankan agar teman bisa merasa nyaman berteman dengan kita. Kemudian sikap dasar remaja yang biasanya ingin terlihat lebih dari temannya sungguh tidak diterapkan dalam islam bahkan sombong merupakan sifat tercela yang dibenci Allah.
d.
Berbicara
dengan perkataan yang sopan
Islam mengajarkan bahwa bila kita berkata, utamakanlah perkataan yang bermanfaat, dengan suara yang lembut, dengan gaya yang wajar.
Islam mengajarkan bahwa bila kita berkata, utamakanlah perkataan yang bermanfaat, dengan suara yang lembut, dengan gaya yang wajar.
e.
Tidak
boleh saling menghina
Menghina / mengumpat hukumnya dilarang dalam islam sehingga dalam pergaulan sebaiknya hindari saling menghina di antara teman.
Menghina / mengumpat hukumnya dilarang dalam islam sehingga dalam pergaulan sebaiknya hindari saling menghina di antara teman.
f.
Tak
boleh saling membenci dan iri hati
Rasa iri akan berdampak dapat berkembang menjadi kebencian yang pada akhirnya mengakibatkan putusnya hubungan baik di antara teman. Iri hati merupakan penyakit hati yang membuat hati kita dapat merasakan ketenangan serta merupakan sifat tercela baik di hadapan Allah dan manusia.
Rasa iri akan berdampak dapat berkembang menjadi kebencian yang pada akhirnya mengakibatkan putusnya hubungan baik di antara teman. Iri hati merupakan penyakit hati yang membuat hati kita dapat merasakan ketenangan serta merupakan sifat tercela baik di hadapan Allah dan manusia.
g.
Mengisi
waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat
Masa remaja sebaiknya dipergunakan untuk kegiatan-kegiatan yang positif dan bermanfaat remaja harus membagi waktunya efisien mungkin, dengan cara membagi waktu menjadi 3 bagian yaitu : sepertiga untuk beribadah kepada Allah, sepertiga untuk dirinya dan sepertiga lagi untuk orang lain.
Masa remaja sebaiknya dipergunakan untuk kegiatan-kegiatan yang positif dan bermanfaat remaja harus membagi waktunya efisien mungkin, dengan cara membagi waktu menjadi 3 bagian yaitu : sepertiga untuk beribadah kepada Allah, sepertiga untuk dirinya dan sepertiga lagi untuk orang lain.
h.
Mengajak untuk berbuat kebaikan
Orang yang memberi petunjuk kepada teman ke jalan yang benar akan mendapatkan pahala seperti teman yang melakukan kebaikan itu, dan ajakan untuk berbuat kebajikan merupakan suatu bentuk kasih sayang terhadap teman.
Orang yang memberi petunjuk kepada teman ke jalan yang benar akan mendapatkan pahala seperti teman yang melakukan kebaikan itu, dan ajakan untuk berbuat kebajikan merupakan suatu bentuk kasih sayang terhadap teman.
i.
Berjabat
tangan
Banyak makna yang dapat diberikan
untuk kata berjabat tangan. Berjabat tangan dengan bersalaman dapat menunjukkan
keakraban, kerukunan, persahabatan, atau permintaan maaf .
E. PENDEKATAN/MODEL/METODE
PEMBELAJARAN
Pendekatan : Scientific
Model Pembelajaram : Examples non
examples
Metode :
Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan.
F. KEGIATAN
PEMBELAJARAN:
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
1. Guru
mempersiapkan kelas dalam pembelajaran yaitu baca Doa, absensi, kebersihan
Kelas ,menanyakan tentang materi pembelajaran yang lalu dan kaitannya dengan
materi yang disampaikan.
2. Guru
memotivasi siswa agar semangat mengikuti mata pelajaran.
3. Guru memberikan pertanyaan lisan tentang materi yang akan diajarkan dengan
mendapatkan gambaran kesiapan belajar siswa.
4. Guru
memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
1. Guru meberikan penjelasan singkat/umum tentang
materi pelajaran
2. Guru
membagi kelompok siswa dan setiap kelompok diberi tugas untuk mengamati
gambar/film
3. guru menayangkan gambar/film yang menunjukan sikap atau
perilaku berkaitan dengan karakter akhlak mulia di lingkungan sekitar
4. siswa mengamati gambar/film yang menunjukan
sikap atau perilaku
berkaitan dengan karakter akhlak mulia di lingkungan sekitar
5. siswa
menganalisis /film yang menunjukan sikap atau
perilaku berkaitan dengan karakter akhlak mulia di lingkungan sekitar
6. siswa mencoba mensimulasikan tayangan film
tersebut di depan kelas
7. Guru membimbing siswa untuk memahami pentingnya
karakter berakhlak mulia dalam memperkuat komitnen
negara kesatuan
8. guru
mengamati perilaku siswa pada saat proses pembelajaran
9.
Guru dan siswa
menyimpulkan materi pembelajaran
|
30 menit
|
Penutup
|
1. Guru
melakukan post test secara tertulis
dengan mengajukan beberapa pertanyaan yang telah dirancang. Guru mempertegas
jawaban yang benar.
2. Guru memberikan
tugas untuk mengerjakan di rumah.
3. Dengan bimbingan guru, siswa melakukan
refleksi atas hasil pembelajarannya.
4.
Membaca doa sesuai dengan keyakinan masing-masing.
|
10 menit
|
G. ALAT
DAN SUMBER BELAJAR
1. Alat dan bahan
Alat :Lcd,
laptop, s[idol,speaker, papan tulis
Bahan :Kertas,
pensil warna, file
Sumber belajar :
·
Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan : Buku Guru/ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.—Jakarta,
2013 hal 160-162
·
Bambang
Tri Purwanto, Membangun wawasan Kewarganegaraan, kelas X, SMA dan MA, PT. Tiga
Serangkai Pustaka 2013, hlm 162-168
·
Sumber: http://mutiaraislam.wordpress.com/halaman-utama/bicara-akhlak-2/pengertian-akhlak-mulia/
2.
Media pembelajran
· Media elektronik
Ø Audio/visual sikap bentuk karakter berakhlak mulia dalam memperkuat
komitnen negara kesatuan di dalam kehidupan sehari-hari
Ø
Rekaman,
gambar yang
berkaitan dengan karakter
berakhlak mulia dalam memperkuat komitnen negara kesatuan
H. PENILAIAN PROSES
DAN HASIL PEMBELAJARAN
1.
Teknik : - Tes Lisan
- Tes Tulis
2.
Bentuk : Soal
Uraian
3.
Instrumen :
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan
singkat dan benar!
1. jelaskan pengertian akhlak mulia?
2. sebutkan fungsi dan
tujuan pengamalan akhlak mulia bagi umat manusia?
3. jelaskan contoh
karakter berakhlak mulia dalam memperkuat komitmen bangsa?
Kunci jawaban
1. Akhlak berarti prilaku, sikap, perbuatan,
adab dan sopan santun. Akhlak mulia berati seluruh prilaku umat manusia yang
sesuai dengan tuntunan Al-Quran dan Hadist yaitu adab sopan santun yang
dicontohkan dan diajarkan Rasulullah Muhammad SAW kepada kepada seluruh umat
manusia ketika beliau masih hidup. Akhlak beliau adalah Al-Quran.
2. Secara garis besar fungsi dan tujuan pengamalan akhlak mulia
bagi umat manusia adalah :
a. Sebagai pengamalan Syariat Islam :
Sebagai pengamalan Syariat Islam. Islam sebagai agama rahmat bagi seluruh alam
semeste telah ,e,berikan tuntunan prilaku dan etika secar sempurna, sehingga
dengan niat karena Allah SWT, pengamalan akhlak yang mulia itu insya Allah akan
menjadi ibadah bagi umat islam yang mengamalkanya.
b. Sebagai Identias : Sebagai Identias,
Akhlak mulia ini diperuntukkan oleh Allah kepada manusia yang berakal budi
karena dengan tuntunan akhlak yang mulia akanbisa membedakan antara manusia
denga hewan.
c. Pengatur Tatanan
Sosial : Akhlak Mulia Sebagai Pengatur Tatanan Sosial berarti dengan
pengamalan akhlak mulia yang sudah dicontohkan oleh yang Mulia Saydina Muhammad
SAW mengukuhkan bahwa manusia sebagai makhluk sosial tidak akan pernah bisa dan
lepas dari pengaruh lingkungannya. Dengan akhlak mulia ini tatanan sosial yang
terbentuk semakin memberikan makna dan nilai yang tidak saling merugikan.
d. Rahmat Bagi
Seluruh Alam : Akhlak Mulia Sebagai Rahmat Bagi Seluruh Alam berarti
akhlak mulia yang diperuntukkan bagi manusia tidak hanya mengatur tatanan
hubungan manusia dengan manusia lainnya tetapi juga hubungan antara manusia
dengan makhluk – makluk lain selian manusia dan alam sekitarnya.
e . Perlindungan
Diri dan Hak Azazi Manusia ( HAM ) : Akhlak Mulia Sebagai Perlindunagn
Diri dan Hak Azazi Manusia ( HAM ) berarti dengan menjalin hubungan yang baik
berdasarkan hukum dan syariat agama akan terbentuk
3. a. meminta
izin
b. Menghormati orang yang lebih tua
dan menyayangi yang lebih muda
c. Bersikap santun dan tidak sombong
d. Berbicara
dengan perkataan yang sopan
e. Tidak
boleh saling menghina
f. Tak boleh saling membenci dan
iri hati
Petunjuk Penilaian
No.
|
Butir
Pertanyaan
|
Bobot
soal
|
Kriteria
Pensekoran
|
Nilai
Akhir
|
||||
0
|
10
|
20
|
30
|
40
|
||||
1.
|
Jelaskan pengertian akhlak mulia?
|
40
|
||||||
2.
|
Sebutkan fungsi dan tujuan pengamalan akhlak mulia bagi umat manusia
|
30
|
||||||
3.
|
jelaskan
contoh karakter berakhlak
mulia dalam memperkuat komitmen bangsa?
|
30
|
||||||
Jumlah skor maksimal =
100
|
Rubrik Penilaian (Pengetahuan/Pemahaman)
Soal No.1
Skor
40
|
Jika peserta didik
mampu menjawab dengan jelas/tepat sesuai dengan kajian teori pada buku
pembelajaran
|
Skor
30
|
jika peserta didik
mampu menjawab dengan jelas/mendekati kajian teori pada buku pembelajaran
|
Skor
20
|
jika
peserta didik menjawab
tidak terlalu jelas /tepat dengan kajian teori Pada buku pembelajaran
|
Skor
10
|
jika
peserta didik menjawab tidak sesuai dengan
kajian teori pada buku pembelajaran
|
Skor
0
|
jika peserta tidak menjawab satupun pertanyaan yang diberikan
|
Soal no. 2 dan 3
Skor
40
|
jika peserta didik
mampu menjawab dengan jelas/tepat sesuai dengan kajian teori pada buku
pembelajaran
|
Skor
30
|
jika
peserta didik mampu
menjawab
dengan jelas /mendekati kajian teori
Pada buku pembelajaran
|
Skor
20
|
jika
peserta didik menjawab
tidak terlalu jelas /tepat dengan kajian teori Pada buku pembelajaran
|
Skor
10
|
jika
peserta didik menjawab tidak sesuai dengan
kajian teori pada buku pembelajaran
|
Skor 0
|
jika peserta tidak menjawab satupun pertanyaan yang diberikan
|
I.
TUGAS
Buatlah
makalah tentang pengamalan akhlak mulia dalam
kehidupan sehari hari
INSTRUMEN
NON TES
. Lembar Pengamatan aktivitas siswa pada saat diskusi dan presentasi
NO
|
NAMA SISWA
|
ASPEK PENGAMATAN
|
JUMLAH SKOR
|
NILAI
|
KET
|
||||
KERJA SAMA
|
MENGKOMUNIKASIKAN PENDAPAT
|
TOLERANSI
|
KEAKTIFAN
|
BOBOT IDE
|
|||||
Keterangan
Skor : Skor
Perolehan Nilai = x100
Masing-masing
kolom diisi dengan kriteria : Skor
Maksimal Kriteria Nilai
4 = Baik Sekali A = 89-100 Baik sekali
3 = Baik B = 77-88 Baik
2 = Cukup C = 65-76 Cukup
1 = Kurang D = <65 kurang="" span="">65>
Penilaian Karakter
NO
|
ASPEK PERILAKU
|
KATAGORI
|
KET
|
|||
A
|
B
|
C
|
D
|
|||
1
|
Membiasakan
prilaku akhlak mulia
|
|||||
2
|
Membiasakan
bertegur sapa antar sesama
|
|||||
3
|
Mengerjakan
tugas dengan penuh tanggung jawab
|
|||||
4
|
Membiasakan
untuk membina hidup rukun antar sesama
|
|||||
5
|
Menghormati
antar sesama
|
|||||
6
|
Mematuhi
peraturan
|
|||||
7
|
Membina
kerukunan hidup antar ummat beragama
|
|||||
8
|
Membiasakan
melaksanakan silaturahmi dengan sesama manusia
|
|||||
9
|
Membina
kerjasama antar siswa
|
Keterangan :
A
= Nampak
B
= Cukup Nampak
C
= Kurang Nampak
D
= Tidak Nampak
Lembar Pengamatan presentasi
LEMBAR PENILAIAN PRESENTASI
NO
|
NAMA SISWA
|
ASPEK PENILAIAN
|
JUMLAH SKOR
|
NILAI
|
KET
|
|||||
KOMUNIKASI
|
SISTEMATIKA PENYAMPAIAN
|
WAWASAN
|
KEBERANIAN
|
ANTUSIAS
|
GESTUR DAN PENAMPILAN
|
|||||
Keterangan
Skor : Skor
Perolehan Nilai = x100
Masing-masing
kolom diisi dengan kriteria : Skor
Maksimal Kriteria Nilai
4 = Baik Sekali A = 89-100 Baik sekali
3 = Baik B = 77-88 Baik
2 = Cukup C = 65-76 Cukup
1 = Kurang D = <65 kurang="" span="">65>
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru Kelas
Muhammad
Amin
NIP. NIM.
Catatan :
………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………........................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar