gambar

Selasa, 24 Desember 2013

RPP PPKN KELAS



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sa tuan Pendidikan                          :   SMAN 1 MALLUSETASI
Mata Pelajaran                                :   Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas / Semester                               :   XII / II (   Dua )
Materi Pokok                                   :   Karakter berakhlak mulia dalam memperkuat komitmen negara kesatuan
Pertemuan                                        :   2x pertemuan (3 jam pelajaran)
Alokasi Waktu                                 :   2 x  45 menit




A.      KOMPTENSI INTI
SIKAP
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percayadiri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social danalamdalamjangkauan pergaulandankeberadaannya
PENGETAHUAN
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KETERAMPILAN
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.






B.      KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi
1.4. Menghargai karakter berakhlak mulia dalam memperkuat komitnen Negara kesatuan
1. 4.1 Menjelaskan pentingnya karakter berakhlak mulia dalam memperkuat komitnen Negara kesatuan.
1.4.2 Menyebutkan makna karakter berakhlak mulia dalam memperkuat komitnen Negara kesatuan

1.4.3         Menerapkan sikap karakter berakhlak mulia dalam memperkuat komitnen Negara kesatuan


C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui proses mencari informasi, menanya, dan berdiskusi  Peserta didik  dapat:
1.      siswa dapat menjelaskan  pentingnya karakter berakhlak mulia dalam memperkuat komitnen negara kesatuan
2.      siswa dapat menyebutkan makna karakter berakhlak mulia dalam memperkuat komitnen negara kesatuan
3.      siswa dapat Menerapkan sikap  karakter berakhlak mulia dalam memperkuat komitnen negara kesatuan

D.       MATERI PEMBELAJARAN
A.    BERAKHLAK MULIA DALAM MEMPERKUAT KOMITMEN NEGARA KESATUAN
Misi utama Rasulullah adalah mengajak umat manusia untuk memeluk agama Islam, satu-satunya agama samawi dan satu-satunya agama yang diridhai oleh Allah ta`ala. Selain akidah, beliau juga mengemban misi membenahi akhlak umat manusia Akhlak. Kajian Akhlak Tauhid. Akhlak berarti prilaku, sikap, perbuatan, adab dan sopan santun. Akhlak mulia berati seluruh prilaku umat manusia yang sesuai dengan tuntunan Al-Quran dan Hadist  yaitu adab sopan santun yang dicontohkan dan diajarkan Rasulullah Muhammad SAW kepada kepada seluruh umat manusia ketika beliau masih hidup. Akhlak beliau adalah Al-Quran.Akhlak atau adab sopan santun yang telah dicontohkan dan diajarkan Rasulullah Muhammad SAW itu meliputi akhlak manusia kepada Allah SWT dan Akhlak terhadap sesama ciptaan Allah, termasuk didalamnya akhlak terhadap diri sendiri karena diri sendiri itu termasuk ciptaan Allah Juga, lahir dan batin.
Secara garis besar, akhlak mulia itu dapat dikelmpokkan kedalam dua kelompok yaitu:
1
1 . Akhlak kepada Allah

Akhlak mulia kepada Allah berati mengikuti seluruh perintah yang telah disampikan Allah kepada Rasul yang Maha Mulia Muhammad SAW. Seluruh perintah tersebut sudah tercatat dalam Al-Quran dan Hadist.
2
2. Akhlak kepada ciptaan Allah

Akhlak terhadap ciptaan Allah meliputi segala prilaku, sikap, perbuatan, adab dan sopan santun sesama ciptaan Allah yang terdiri atas ciptaan Allah yang gaib dan ciptaan Allah yang nyata, benda hidup dan benda mati.
fungsi dan tujuan pengamalan akhlak mulia bagi umat manusia adalah :
1.      Sebagai pengamalan Syariat Islam
Sebagai pengamalan Syariat Islam. Islam sebagai agama rahmat bagi seluruh alam semeste telah ,e,berikan tuntunan prilaku dan etika secar sempurna, sehingga dengan niat karena Allah SWT, pengamalan akhlak yang mulia itu insya Allah akan menjadi ibadah bagi umat islam yang mengamalkanya.
2.      Sebagai Identias
Sebagai Identias, Akhlak mulia ini diperuntukkan oleh Allah kepada manusia yang berakal budi karena dengan tuntunan akhlak yang mulia akanbisa membedakan antara manusia denga hewan.
3.      Pengatur Tatanan Sosial
Akhlak Mulia Sebagai Pengatur Tatanan Sosial berarti dengan pengamalan akhlak mulia yang sudah dicontohkan oleh yang Mulia Saydina Muhammad SAW mengukuhkan bahwa manusia sebagai makhluk sosial tidak akan pernah bisa dan lepas dari pengaruh lingkungannya.
4.      Rahmat Bagi Seluruh Alam
Akhlak Mulia Sebagai Rahmat Bagi Seluruh Alam berarti akhlak mulia yang diperuntukkan bagi manusia tidak hanya mengatur tatanan hubungan manusia dengan manusia lainnya tetapi juga hubungan antara manusia dengan makhluk – makluk lain selian manusia dan alam sekitarnya.
5.      Perlindungan Diri dan Hak Azazi Manusia ( HAM )
Akhlak Mulia Sebagai Perlindunagn Diri dan Hak Azazi Manusia ( HAM ) berarti dengan menjalin hubungan yang baik berdasarkan hukum dan syariat agama akan terbentuk hubungan yang saling menghargai dan saling menguntungkan.

B.     CONTOH KARAKTER BERAKHLAK MULIA DALAM MEMPERKUAT KOMITMEN NEGARA KESATUAN
a.      Meminta Izin
Meminta izin di sini dalam artian kita tidak boleh meremehkan hak-hak atau milik teman apabila kita hendak menggunakan barang milik teman maka kita harus meminta izin terlebih dahulu.
b.      Menghormati orang yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda
Remaja sebagai orang yang lebih muda sebaiknya menghormati yang lebih tua dan mengambil pelajaran dari hidup mereka. Selain itu, remaja juga harus menyayangi kepada adik yang lebih muda darinya, dan yang paling penting adalah memberikan tuntunan dan bimbingan kepada mereka ke jalan yang benar dan penuh kasih sayang.
c.       Bersikap santun dan tidak sombong
Dalam bergaul, penekanan perilaku yang baik sangat ditekankan agar teman bisa merasa nyaman berteman dengan kita. Kemudian sikap dasar remaja yang biasanya ingin terlihat lebih dari temannya sungguh tidak diterapkan dalam islam bahkan sombong merupakan sifat tercela yang dibenci Allah.
d.      Berbicara dengan perkataan yang sopan
Islam mengajarkan bahwa bila kita berkata, utamakanlah perkataan yang bermanfaat, dengan suara yang lembut, dengan gaya yang wajar.
e.       Tidak boleh saling menghina
Menghina / mengumpat hukumnya dilarang dalam islam sehingga dalam pergaulan sebaiknya hindari saling menghina di antara teman.
f.       Tak boleh saling membenci dan iri hati
Rasa iri akan berdampak dapat berkembang menjadi kebencian yang pada akhirnya mengakibatkan putusnya hubungan baik di antara teman. Iri hati merupakan penyakit hati yang membuat hati kita dapat merasakan ketenangan serta merupakan sifat tercela baik di hadapan Allah dan manusia.
g.      Mengisi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat
Masa remaja sebaiknya dipergunakan untuk kegiatan-kegiatan yang positif dan bermanfaat remaja harus membagi waktunya efisien mungkin, dengan cara membagi waktu menjadi 3 bagian yaitu : sepertiga untuk beribadah kepada Allah, sepertiga untuk dirinya dan sepertiga lagi untuk orang lain.
h.       Mengajak untuk berbuat kebaikan
Orang yang memberi petunjuk kepada teman ke jalan yang benar akan mendapatkan pahala seperti teman yang melakukan kebaikan itu, dan ajakan untuk berbuat kebajikan merupakan suatu bentuk kasih sayang terhadap teman.
i.        Berjabat tangan
Banyak makna yang dapat diberikan untuk kata berjabat tangan. Berjabat tangan dengan bersalaman dapat menunjukkan keakraban, kerukunan, persahabatan, atau permintaan maaf .
E.     PENDEKATAN/MODEL/METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan                            :  Scientific

 Model Pembelajaram             :  Examples non examples           
Metode                                              :  Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan.


F.       KEGIATAN  PEMBELAJARAN:
KEGIATAN
DESKRIPSI
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
1.      Guru mempersiapkan kelas dalam pembelajaran yaitu baca Doa, absensi, kebersihan Kelas ,menanyakan tentang materi pembelajaran yang lalu dan kaitannya dengan materi yang disampaikan.
2.      Guru memotivasi siswa agar semangat mengikuti mata pelajaran.
3.      Guru memberikan pertanyaan lisan tentang materi yang akan diajarkan dengan mendapatkan gambaran kesiapan belajar siswa.
4.       Guru memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.













10 menit
Kegiatan Inti
1.      Guru meberikan penjelasan singkat/umum tentang materi pelajaran
2.      Guru membagi kelompok siswa dan setiap kelompok diberi tugas untuk mengamati gambar/film
3.      guru menayangkan gambar/film yang menunjukan  sikap atau perilaku berkaitan dengan karakter akhlak mulia di lingkungan sekitar
4.       siswa mengamati gambar/film yang menunjukan  sikap atau perilaku berkaitan dengan karakter akhlak mulia di lingkungan sekitar
5.      siswa menganalisis /film yang menunjukan  sikap atau perilaku berkaitan dengan karakter akhlak mulia di lingkungan sekitar
6.       siswa mencoba mensimulasikan tayangan film tersebut di depan kelas
7.      Guru membimbing siswa untuk memahami pentingnya karakter berakhlak mulia dalam memperkuat komitnen negara kesatuan
8.      guru mengamati perilaku siswa pada saat proses pembelajaran
9.      Guru dan siswa menyimpulkan materi pembelajaran















30 menit
Penutup
1.      Guru melakukan post test secara tertulis dengan mengajukan beberapa pertanyaan yang telah dirancang. Guru mempertegas jawaban yang benar.
2. Guru memberikan tugas untuk mengerjakan di rumah.
3.  Dengan bimbingan guru, siswa melakukan refleksi atas  hasil pembelajarannya.
4. Membaca doa sesuai dengan keyakinan masing-masing.







10 menit

G.        ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1. Alat dan bahan
     Alat                 :Lcd, laptop, s[idol,speaker, papan tulis
     Bahan              :Kertas, pensil warna, file
Sumber belajar :
·               Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan : Buku Guru/ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.—Jakarta, 2013 hal 160-162
·               Bambang Tri Purwanto, Membangun wawasan Kewarganegaraan, kelas X, SMA dan MA, PT. Tiga Serangkai Pustaka 2013, hlm 162-168

·               Sumber: http://mutiaraislam.wordpress.com/halaman-utama/bicara-akhlak-2/pengertian-akhlak-mulia/

2.   Media pembelajran
·   Media elektronik
Ø  Audio/visual sikap bentuk karakter berakhlak mulia dalam memperkuat komitnen negara kesatuan di dalam kehidupan sehari-hari
Ø  Rekaman, gambar yang berkaitan dengan karakter berakhlak mulia dalam memperkuat komitnen negara kesatuan
H. PENILAIAN PROSES DAN HASIL PEMBELAJARAN
1.         Teknik                                                          : -    Tes Lisan
-        Tes Tulis
2.         Bentuk                                                         : Soal Uraian
3.         Instrumen                                                     :
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan singkat dan benar!
1. jelaskan pengertian akhlak mulia?
2. sebutkan fungsi dan tujuan pengamalan akhlak mulia bagi umat manusia?
3. jelaskan contoh karakter berakhlak mulia dalam memperkuat komitmen bangsa?
Kunci jawaban
1. Akhlak berarti prilaku, sikap, perbuatan, adab dan sopan santun. Akhlak mulia berati seluruh prilaku umat manusia yang sesuai dengan tuntunan Al-Quran dan Hadist  yaitu adab sopan santun yang dicontohkan dan diajarkan Rasulullah Muhammad SAW kepada kepada seluruh umat manusia ketika beliau masih hidup. Akhlak beliau adalah Al-Quran.
2. Secara garis besar fungsi dan tujuan pengamalan akhlak mulia bagi umat manusia adalah :
 a. Sebagai pengamalan Syariat Islam : Sebagai pengamalan Syariat Islam. Islam sebagai agama rahmat bagi seluruh alam semeste telah ,e,berikan tuntunan prilaku dan etika secar sempurna, sehingga dengan niat karena Allah SWT, pengamalan akhlak yang mulia itu insya Allah akan menjadi ibadah bagi umat islam yang mengamalkanya.
 b. Sebagai Identias : Sebagai Identias, Akhlak mulia ini diperuntukkan oleh Allah kepada manusia yang berakal budi karena dengan tuntunan akhlak yang mulia akanbisa membedakan antara manusia denga hewan.
c. Pengatur Tatanan Sosial : Akhlak Mulia Sebagai Pengatur Tatanan Sosial berarti dengan pengamalan akhlak mulia yang sudah dicontohkan oleh yang Mulia Saydina Muhammad SAW mengukuhkan bahwa manusia sebagai makhluk sosial tidak akan pernah bisa dan lepas dari pengaruh lingkungannya. Dengan akhlak mulia ini tatanan sosial yang terbentuk  semakin memberikan makna dan nilai yang tidak saling merugikan.
d. Rahmat Bagi Seluruh Alam : Akhlak Mulia Sebagai Rahmat Bagi Seluruh Alam berarti akhlak mulia yang diperuntukkan bagi manusia tidak hanya mengatur tatanan hubungan manusia dengan manusia lainnya tetapi juga hubungan antara manusia dengan makhluk – makluk lain selian manusia dan alam sekitarnya.
e . Perlindungan Diri dan Hak Azazi Manusia ( HAM ) : Akhlak Mulia Sebagai Perlindunagn Diri dan Hak Azazi Manusia ( HAM ) berarti dengan menjalin hubungan yang baik berdasarkan hukum dan syariat agama akan terbentuk

3.     a. meminta izin
        b. Menghormati orang yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda
        c. Bersikap santun dan tidak sombong
d. Berbicara dengan perkataan yang sopan
e. Tidak boleh saling menghina
f. Tak boleh saling membenci dan iri hati

Petunjuk Penilaian
No.
Butir Pertanyaan
Bobot soal
Kriteria Pensekoran
Nilai Akhir

0
10
20
30
40
1.
Jelaskan pengertian akhlak mulia?

40






2.
Sebutkan fungsi dan tujuan pengamalan akhlak mulia bagi umat manusia
30






3.
jelaskan contoh karakter berakhlak mulia dalam memperkuat komitmen bangsa?
30






Jumlah skor maksimal = 100

Rubrik Penilaian (Pengetahuan/Pemahaman)
                    Soal No.1
Skor 40
Jika peserta didik mampu menjawab dengan jelas/tepat sesuai dengan kajian teori pada buku pembelajaran
Skor 30
jika peserta didik mampu menjawab dengan jelas/mendekati kajian teori pada buku pembelajaran
Skor 20
jika peserta didik menjawab tidak terlalu jelas /tepat dengan kajian teori  Pada buku pembelajaran
Skor 10
jika peserta didik  menjawab tidak sesuai dengan kajian teori pada buku pembelajaran
Skor 0
jika peserta  tidak menjawab satupun pertanyaan yang diberikan
                   Soal no. 2 dan 3
Skor 40
jika peserta didik mampu menjawab dengan jelas/tepat sesuai dengan kajian teori pada buku pembelajaran
Skor 30
jika peserta didik mampu menjawab dengan jelas /mendekati kajian teori  Pada buku pembelajaran
Skor 20
jika peserta didik menjawab tidak terlalu jelas /tepat dengan kajian teori  Pada buku pembelajaran
Skor 10
jika peserta didik  menjawab tidak sesuai dengan kajian teori pada buku pembelajaran
Skor 0
jika peserta  tidak menjawab satupun pertanyaan yang diberikan
I.        TUGAS
Buatlah makalah tentang pengamalan akhlak mulia dalam kehidupan sehari hari
INSTRUMEN NON TES
.                  Lembar Pengamatan aktivitas siswa pada saat diskusi dan presentasi
NO
NAMA SISWA
ASPEK PENGAMATAN
JUMLAH SKOR
NILAI
KET
KERJA SAMA
MENGKOMUNIKASIKAN PENDAPAT
TOLERANSI
KEAKTIFAN
BOBOT IDE











Keterangan Skor :                                                            Skor Perolehan Nilai   = x100
Masing-masing kolom diisi dengan kriteria :                   Skor Maksimal Kriteria Nilai
4   = Baik Sekali                                                               A         = 89-100 Baik sekali
3   = Baik                                                                         B         = 77-88 Baik
2   = Cukup                                                                      C         = 65-76 Cukup
1   = Kurang                                                                     D         = <65 kurang="" span="">
Penilaian Karakter
NO
ASPEK PERILAKU
KATAGORI
KET
A
B
C
D
1
Membiasakan prilaku akhlak mulia





2
Membiasakan bertegur sapa antar sesama





3
Mengerjakan tugas dengan penuh tanggung jawab





4
Membiasakan untuk membina hidup rukun antar sesama





5
Menghormati antar sesama





6
Mematuhi peraturan





7
Membina kerukunan hidup antar ummat beragama





8
Membiasakan melaksanakan silaturahmi dengan sesama manusia












9
Membina kerjasama antar siswa







Keterangan      :
                                    A = Nampak
                                    B = Cukup Nampak
                                    C = Kurang Nampak
                                    D = Tidak Nampak

Lembar Pengamatan presentasi
 LEMBAR PENILAIAN PRESENTASI
NO
NAMA SISWA
ASPEK PENILAIAN
JUMLAH SKOR
NILAI
KET
KOMUNIKASI
SISTEMATIKA PENYAMPAIAN
WAWASAN
KEBERANIAN
ANTUSIAS
GESTUR DAN PENAMPILAN




































































































Keterangan Skor :                                                            Skor Perolehan Nilai   = x100
Masing-masing kolom diisi dengan kriteria :                   Skor Maksimal Kriteria Nilai
4   = Baik Sekali                                                               A         = 89-100 Baik sekali
3   = Baik                                                                         B         = 77-88 Baik
2   = Cukup                                                                      C         = 65-76 Cukup
1   = Kurang                                                                     D         = <65 kurang="" span="">

Mengetahui,
Kepala Sekolah,                                                                                  Guru Kelas


                                                                                                                   Muhammad Amin
        NIP.                                                                                                    NIM.
        Catatan :
………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………........................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar