FORMAT PENILAIAN
A.
JUDUL : karakter berakhlak mulia dalam memperkuat komitmen
negara kesatuan
B. KOMPETENSI
INTI :
SIKAP
1.
Menghayati dan Mengamalkan Ajaran
Agama yang Dianutnya
2.
Menghayati dan mengamalkan
prilku juju,disiplin , tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsive dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungn social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
PENGETAHUAN
3.
Mamahami, menerapkan,
menganalisis d mengevaluasi pengetahuan factual, konsetual, posedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pegetahuan,
tekhnologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaa,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KETERAMPILAN
4.
Mengolah, menalar, menyaji dan
mencipta dalam raah konkret dan raah abstrak etrkai dengan pengembagan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara efetif dan kreatif, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
C. KOMPETENSI
DASAR :
1.4 Menghargai
karakter berakhlak mulia dalam memperkuat komitmen Negara kesatuan
D.
INDIKATOR
1.4.1Menjelaskan sikap
berakhlak mulia dalam memperkuat komitmen Negara kesatuan
1.4.2Menyebutkan makna berakhlak mulia dalam memperkuat komitmen Negara kesatuan
1.4.3Menerapkan sikap berakhlak mulia
dalam memperkuat komitmen Negara kesatuan
E.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui
proses mencari informasi, menanya, dan berdiskusi Peserta didik
dapat:
·
Menjelaskan sikap berakhlak mulia dalam memperkuat komitmen Negara kesatuan
·
Menyebutkan makna berakhlak mulia dalam memperkuat komitmen Negara kesatuan
·
Menerapkan
sikap berakhlak mulia dalam memperkuat komitmen Negara kesatuan
Tabel Spesifikasi Lembar
Penilaian
Indikator
|
LP dan Butir Soal
|
Kunci LP dan Butir Soal
|
KOGNITIF
|
||
·
Indikator 1 = 11 soal
8 soal
pilihan ganda
3 soal
essay
·
Indikator 2 = 8 soal
6 soal
pilihan ganda
2 soal
essay
·
Indikator 3 = 6 soal
6 soal
pilihan ganda
0 soal
essay
|
· Pilihan
ganda:
1.) C1, 2.) C2, 3.) C2, 4.) C2, 5.) C1, 6.) C2 7.)C4
8.)C1
Essay:
1.) C1, 2.) C1 3.) C1
· Pilihan
ganda:
9.)C1, 10.) C2, 11.) C3, 12.) C3, 13.) C1, 14.) C1,
Essay:4.) C2 5.)C1
· Pilihan
ganda:
15.) C1, 16.) C1, 17.) C2, 18.)
C2, 19.)
C3, 20.) C3
Essay:-
|
Terlampir
Terlampir
Terlampir
|
PSIKOMOTOR:
|
-
|
-
|
AFEKTIF
|
||
Sikap:
Jujur, tanggung jawab, hati-hati, dan teliti, dsb.
|
Penilaian karakter terlampir
|
-
|
Keterampilan Sosial
Bertanya,
menyumbang ide atau berpendapat, menjadi pendengar yang baik,komunikasi.
|
Penilaian keterampilan sosial terlampir
|
-
|
LAMPIRAN
Soal :
20 Soal
1.
Pilihan
Ganda :
Berilah
tanda silang (x) pada huruf a, b, c, d, atau e di depan jawaban yang benar!
1. Misi
utama rasulullah adalah mengajak umat manusia untuk memeluk agama..
a. Samawi
b. Kristen
c. Yahudi
d. Islam
e. Semua
salah
2. Rasulullah
SAW selain mengemban misi membenahi akhlak umat manusia juga..
a. Mengemban
misi membenahi korupsi
b. Mengemban
misi membenahi kolusi
c. Mengemban
misi membenahi nepotisme
d. Mengemban
misi membenahi KKN
e. Mengemban
misi membenahi aqidah
3. Akhlak
berarti, kecuali..
a. Prilaku
b. Sikap
c. Perbuatan
d. Adab
dan sopan santun
e. Aqidah
4. Secara
garis besar, akhlak mulia itu dapat dikelompokkan kedalam ….kelompok, yaitu
a. 2
kelompok yaitu akhlak kepada allah dan akhlak kepada sesama manusia
b. 1
kelompok yaitu akhlak kepada allah
c. 1
kelompok, yaitu akhlak kepada ciptaaan allah
d. 2
kelompok, yaitu akhlak kepada allah dan akhlak kepada rasulnyah
e. 2
kelompok, yaitu akhlak kepada allah dan akhlak kepada ciptaan allah
5. Ciptaan
allah meliputi..
a. Yang
gaib
b. Yang
nyata
c. Yang
benda hidup
d. Yang
benda mati
e. Semuanya
benar
6. Fungsi
dan tujuan pengamalan akhlak mulia bagi umat manusia adalah, kecuali..
a. Sebagai
identitas
b. Sebagai
tatanan social
c. Sebagai
rahmat seluruh dunia
d. Sebagai
syariat islam
e. Sebagai
perlindungan diri dan ham
7. Akhlak
mulia ini diperuntukkan oleh allah kepada manusia yang berakal budi karena
dengan tuntunan akhlak yang mulia akan bisa membedahkan antara manusia dengan
hewan, tujuan pengamalan akhlak mulia bagi umat manusia sebagai
a. Pengamalan
syariat islam
b. Identitas
c. Pengatur
tatanan social
d. Rahmat
bagi seluruh alam
e. Perlindungan
diri dan ham
8. Akhlak
mulia sebagai pengatur tatanan social
berarti dengan pengamalan akhlak mulia yang sudah dicontohkan oleh…
a. Syaidina
abubakar asidiq
b. Syadini ali bin abi thalib
c. Syidina
Muhammad saw
d. Syidina
hesman binaffan
e. Syidina
umar bin khattab
9. Dengan
menjalin hubungan yang baik berdasarkan hokum dan syariat agama akan terbentuk
hub yang saling menghargai dan saling menguntungkan adalah pengertian dari…
a. Perlindungan
diri dan Hak asasi sendiri
b. Perlindungan
diri dan hak asasi manusia
c. Perlindungan
diri dan hak asasi hewan
d. Perlindungan
diri dan hak asasi malaikat
e. Perlindungan
diri dan hak asasi tumbuhan
10. Akhlak
mulia sebagai rahmat bagi seluruh
a. Manusia
b. Dunia
c. Alam
d. Hewan
e. Malaikat
11. Pada
prinsipnya komitmen masyarakat Indonesia adalah
a. Kesadaran
dan keyakinan terhadap tekad yang terwujud dalam kebersamaan kolektif dalam
kerangka satu, cinta tanah air, satu bangsa, satu bahasa yakni Malaysia
b. Kesadaran
dan keyakinan terhadap tekad yang terwujud dalam kebersamaan kolektif dalam
kerangka satu, cinta tanah air, satu bangsa, satu bahasa yakni indonesia
c. Kesadaran
dan keyakinan terhadap tekad yang terwujud dalam kebersamaan kolektif dalam
kerangka satu, cinta tanah air, satu bangsa, satu bahasa yakni islam
d. Kesadaran
dan keyakinan terhadap tekad yang terwujud dalam kebersamaan kolektif dalam
kerangka satu, cinta tanah air, satu bangsa, satu bahasa yakni Indonesia dan
malaysia
e. Semua
salah
12. Bangsa
Indonesia tahun 3000 pun tetap harus bisa menerima dan melaksanakan
a. Pancasila
b. Islam
c. Uud
1945
d. B.T.I
e. A,C
dan D benar
13. Apakah
dasar Negara dan alat pemersatu bangsa Indonesia
a. Pancasila
b. Panca
indra
c. Panca
sona
d. Uud
1945
e. B.T.I
14. Indonesia
memiliki banyak suku namun perbedaan suku itu tidak menjadi masalah, karna
adanya ,,….. Indonesia dalam butir pancasila
a. Kekompakan
b. Komitmen
c. Persatuan
d. Peradaban
e. Semua
salah
15. Pancasila
disebut juga ..
a. 5
dasar
b. Way
of life
c. Pandangan
hidup
d. A,b,
dan c benar
e. B,c,
benar
16. Civil
society, disebut juga..
a. Masyarakat
bebas
b. Masyarakat
luas
c. Masyarakat
madani
d. Masyarakat
demokratis
e. Semua
benar
17. Dinamika
sekarang berperang dengan
menggunakan senjata (hard power) telah beralih keperang bersifat (soft power)
dalam bentuk perang..
a. Kebudayaan
b. Ekonomi
dan keuangan
c. A
dan b benar
d. Informasi
e. A,b
dan d benar
18. Aspek
yang mempengaruhi
a. Pengmalan
pancasila secara konsisten dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan
bernegara
b. Penegakan
kedaulatan rakyat dalam segala aspek kehidupan bermasyarakat berbangsa dan
bernegara
c. Perwujudan
aperatur Negara yang nerfungsi melayani masyarakat, professional, budaya sama
produktif, transparan bebas dari kkn
d. A,b,c
benar
e. Semua
benar
19. Perwujudan
system dan iklim pendidikn nasional yang demokratis dan bermutu guna
memperteguh…
a. Akhlak
mulia
b. Kreatif
dan disiplin
c. Inovatif
dan cerdas
d. Hnya
a dan b benar
e. A,b,c
benar
20. Dibawah
ini adalah contoh karakter berakhlak mulia dalam memperkuat komitmen Negara
kesatuan, kecuali
a. Sopan
santun
b. Menghormati
yang lebih tua
c. Meminta
izin
d. Menghina
orang
e. Mengajak
orang berbuat baik
2. Essay :
1. Jelaskan
yang dimaksud dengan akhlak mulia?
2. Sebutkan
fungsi dan tujuan pengamalan akhlak mulia bagi umat manusia?
3. Jelaskan
arti perlindungan diri dan hak asasi manusia yang tercantum dalam fungsi dan
tujuan pengamalan akhlak mulia?
4. Jelaskan prinsip komitmen kebangsaan masyarakat Indonesia?
5. sebutkan contoh karakter berakhlak mulia dalam memperkuat komitmen
bangsa?
A.
Kunci
Jawaban
1.
Pilihan
Ganda :
2. d
3. e
4. e
5. e
6. e
7. c
8. b
9. c
10. b
11. c
12. b
13. e
14. a
15. c
16. d
17. c
18. e
19. e
20. e
21. d
2. Essay :
1. Akhlak berarti prilaku, sikap, perbuatan,
adab dan sopan santun. Akhlak mulia berati seluruh prilaku umat manusia yang
sesuai dengan tuntunan Al-Quran dan Hadist yaitu adab sopan santun yang
dicontohkan dan diajarkan Rasulullah Muhammad SAW kepada kepada seluruh umat
manusia ketika beliau masih hidup. Akhlak beliau adalah Al-Quran.
2. Secara garis besar fungsi dan tujuan
pengamalan akhlak mulia bagi umat manusia adalah :
a. Sebagai
pengamalan Syariat Islam : Sebagai pengamalan Syariat Islam. Islam
sebagai agama rahmat bagi seluruh alam semeste telah ,e,berikan tuntunan
prilaku dan etika secar sempurna, sehingga dengan niat karena Allah SWT,
pengamalan akhlak yang mulia itu insya Allah akan menjadi ibadah bagi umat
islam yang mengamalkanya.
b. Sebagai
Identias : Sebagai Identias, Akhlak mulia ini diperuntukkan oleh Allah
kepada manusia yang berakal budi karena dengan tuntunan akhlak yang mulia
akanbisa membedakan antara manusia denga hewan.
c. Pengatur Tatanan Sosial : Akhlak Mulia Sebagai Pengatur Tatanan
Sosial berarti dengan pengamalan akhlak mulia yang sudah dicontohkan oleh yang
Mulia Saydina Muhammad SAW mengukuhkan bahwa manusia sebagai makhluk sosial
tidak akan pernah bisa dan lepas dari pengaruh lingkungannya. Dengan akhlak
mulia ini tatanan sosial yang terbentuk semakin memberikan makna dan
nilai yang tidak saling merugikan.
d. Rahmat Bagi Seluruh Alam : Akhlak Mulia Sebagai Rahmat Bagi
Seluruh Alam berarti akhlak mulia yang diperuntukkan bagi manusia tidak hanya
mengatur tatanan hubungan manusia dengan manusia lainnya tetapi juga hubungan
antara manusia dengan makhluk – makluk lain selian manusia dan alam sekitarnya.
e . Perlindungan Diri dan Hak Azazi Manusia ( HAM ) : Akhlak Mulia
Sebagai Perlindunagn Diri dan Hak Azazi Manusia ( HAM ) berarti dengan menjalin
hubungan yang baik berdasarkan hukum dan syariat agama akan terbentuk hubungan
yang saling menghargai dan saling menguntungkan.
3.
Perlindungan
Diri dan Hak Azazi Manusia ( HAM ) : Akhlak Mulia Sebagai Perlindunagn Diri dan Hak Azazi
Manusia ( HAM ) berarti dengan menjalin hubungan yang baik berdasarkan hukum
dan syariat agama akan terbentuk hubungan yang saling menghargai dan saling
menguntungkan.
4. Komitmen
kebangsaan masyarakat Indonesia pada prinsipnya adalah kesadaran dan keyakinan
terhadap tekad yang terwujud dalam kebersamaan kolektif dalam kerangka satu
cinta tanah air, satu bangsa dan satu bahasa – yakni INDONESIA.
5. a. meminta
izin
b. Menghormati orang yang lebih tua
dan menyayangi yang lebih muda
c. Bersikap santun dan tidak sombong
d. Berbicara
dengan perkataan yang sopan
e. Tidak
boleh saling menghina
f. Tak
boleh saling membenci dan iri hati
Pedoman
Penskoran
a.
Petunjuk Penilaian Soal Pilihan Ganda
Nomor
Soal
|
Bobot
Soal
|
1-20
|
5
|
Jumlah skor maksimal
|
100
|
Jika
benar mendapatkan
skor 100
Jika salah
mendapatkan skor 0
Penentuan Nilai=N= Skor
Perolehan x 100
Skor Maksimal
b.
Petunjuk Penilaian Soal Essay
No.
|
Butir
Pertanyaan
|
Bobot
soal
|
Kriteria
Pensekoran
|
Nilai
Akhir
|
||||
0
|
5
|
10
|
15
|
20
|
||||
1.
|
Jelaskan yang dimaksud dengan
akhlak mulia?
|
20
|
||||||
2.
|
Sebutkan fungsi dan tujuan
pengamalan akhlak mulia bagi umat manusia?
|
25
|
||||||
3.
|
Jelaskan arti perlindungan diri
dan hak asasi manusia yang tercantum dalam fungsi dan tujuan pengamalan
akhlak mulia?
|
25
|
||||||
4.
|
Jelaskan
prinsip komitmen kebangsaan masyarakat Indonesia?
|
15
|
||||||
5.
|
sebutkan contoh karakter berakhlak mulia dalam memperkuat komitmen
bangsa?
|
15
|
||||||
Jumlah skor maksimal =
100
|
c.
Rubrik Penilaian (Pengetahuan/Pemahaman)
Soal No.1
Skor 20
|
Jika peserta didik mampu
menjawab dengan jelas/tepat sesuai dengan kajian teori pada buku pembelajaran
|
Skor 15
|
jika peserta didik mampu
menjawab dengan jelas/mendekati kajian teori pada buku pembelajaran
|
Skor 10
|
jika
peserta didik menjawab
tidak terlalu jelas /tepat dengan kajian teori Pada buku pembelajaran
|
Skor 5
|
jika
peserta didik menjawab tidak sesuai dengan
kajian teori pada buku pembelajaran
|
Skor 0
|
jika peserta tidak menjawab satupun pertanyaan yang diberikan
|
Soal no. 2 dan 3
Skor 25
|
jika peserta didik mampu
menjawab dengan jelas/tepat sesuai dengan kajian teori pada buku pembelajaran
|
Skor 20
|
jika
peserta didik mampu
menjawab
dengan jelas /mendekati kajian teori
Pada buku pembelajaran
|
Skor 15
|
jika
peserta didik menjawab
tidak terlalu jelas /tepat dengan kajian teori Pada buku pembelajaran
|
Skor 10
|
jika
peserta didik menjawab tidak sesuai dengan
kajian teori pada buku pembelajaran
|
Skor 0
|
jika peserta tidak menjawab satupun pertanyaan yang diberikan
|
Soal no. 4 dan 5
Skor 15
|
jika peserta didik mampu
menjawab dengan jelas/tepat sesuai dengan kajian teori pada buku pembelajaran
|
Skor 10
|
jika
peserta didik mampu
menjawab
dengan jelas /mendekati kajian teori
Pada buku pembelajaran
|
Skor 5
|
jika
peserta didik menjawab
tidak terlalu jelas /tepat dengan kajian teori Pada buku pembelajaran
|
Skor 0
|
jika peserta tidak menjawab satupun pertanyaan yang diberikan
|
Penentuan
Nilai
Nilai = skor
yang diperoleh x 100
skor maksimum
INSTRUMEN NON TES
. Lembar Pengamatan aktivitas siswa pada saat diskusi dan presentasi
NO
|
NAMA SISWA
|
ASPEK
PENGAMATAN
|
JUMLAH
SKOR
|
NILAI
|
KET
|
||||
KERJA SAMA
|
MENGKOMUNIKASIKAN
PENDAPAT
|
TOLERANSI
|
KEAKTIFAN
|
BOBOT IDE
|
|||||
KKM : 65
Keterangan
Skor : Skor
Perolehan Nilai = x100
Masing-masing
kolom diisi dengan kriteria : Skor
Maksimal Kriteria Nilai
4 = Baik Sekali A = 89-100 Baik sekali
3 = Baik B = 77-88 Baik
2 = Cukup C = 65-76 Cukup
1 = Kurang D = <65 kurang="" span="">65>
Lembar Pengamatan presentasi
LEMBAR
PENILAIAN PRESENTASI
NO
|
NAMA SISWA
|
ASPEK
PENILAIAN
|
JUMLAH
SKOR
|
NILAI
|
KET
|
|||||
KOMUNIKASI
|
SISTEMATIKA
PENYAMPAIAN
|
WAWASAN
|
KEBERANIAN
|
ANTUSIAS
|
GESTUR DAN
PENAMPILAN
|
|||||
KKM :
65
Keterangan
Skor : Skor
Perolehan Nilai = x100
Masing-masing
kolom diisi dengan kriteria : Skor
Maksimal Kriteria Nilai
4 = Baik Sekali A = 89-100 Baik sekali
3 = Baik B = 77-88 Baik
2 = Cukup C = 65-76 Cukup
1 = Kurang D = <65 kurang="" span="">65>
Penilaian Karakter
NO
|
ASPEK
PERILAKU
|
KATAGORI
|
KET
|
|||
A
|
B
|
C
|
D
|
|||
1
|
Membiasakan prilaku akhlak mulia
|
|||||
2
|
Membiasakan bertegur sapa antar sesama
|
|||||
3
|
Mengerjakan tugas dengan penuh tanggung jawab
|
|||||
4
|
Membiasakan untuk membina hidup rukun antar sesama
|
|||||
5
|
Menghormati antar sesama
|
|||||
6
|
Mematuhi peraturan
|
|||||
7
|
Membina kerukunan hidup antar ummat beragama
|
|||||
8
|
Membiasakan melaksanakan silaturahmi dengan sesama
manusia
|
|||||
9
|
Membina kerjasama antar siswa
|
Keterangan :
A
= Nampak
B
= Cukup Nampak
C
= Kurang Nampak
D
= Tidak Nampak
Penilaian
Keterampilan Sosial
No
|
Aspek yang diamati
|
Kategori
|
Keterangan
|
|||
1.
|
Bertanya
|
A
|
B
|
C
|
D
|
|
2.
|
Menyampaikan Ide
|
A
|
B
|
C
|
D
|
|
3.
|
Komunikasi
|
A
|
B
|
C
|
D
|
|
4.
|
Mendengar
|
A
|
B
|
C
|
D
|
|
5
|
Kerja sama
|
A
|
B
|
C
|
D
|
|
6
|
Keaktifan
|
A
|
B
|
C
|
D
|
|
7
|
Dukungan Kelompok
|
A
|
B
|
C
|
D
|
|
8
|
Dll
|
A
|
B
|
C
|
D
|
Keterangan :
4
= Sangat baik
3
= Baik
2
= Cukup
1
= Kurang
Rekapitulasi
Penilaian
No
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek – aspek yang dinilai
|
Nilai =
P+A
2
|
Paraf Guru
|
||
Pengatahuan
|
Prilaku
|
|||||
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru Kelas XI
Muhammad amin
NIP.
NIM.
Catatan :
………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………........................................
gan, bisa minta tolong kasi tau itu teori'y siapa untuk cara penilaian pilihan gandanya ? lw berkenan sama referensi bukunya. terimakasih.
BalasHapusteorinya gan,,,penting ni dan bermanfaat
BalasHapusmaantapp bro
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusthankyou for sharing this article, bisa minta ini rf/teori siapa?
BalasHapusmatur suwun
BalasHapustolong buatin contoh yang aqidah akhlak
BalasHapusMakasih ini sangat bermanfaat, terutama bagi sekolah yang mau akreditasi. Kebetulan sekolah saya mau akreditasi. Ijin copy
BalasHapusTerimakasih kasih,ini sangat membantu guru guru yang kebetulan sekolahnya mau berakreditasi,
BalasHapusشركة تعقيم و تطهير بحي العمامرة
BalasHapusشركة تعقيم بحي الياسمين
تعقيم و تطهير بحي الفجيرة
This is very interesting, You’re a very skilled blogger. I have joined your rss feed and look forward to seeking more of your excellent post. Also, I have shared your web site in my social networks! ice cream ajax
BalasHapusI absolutely agree with the above. In addition, I would encourage using a service like chihuahua puppies for sale, teacup chihuahua for sale, sphynx cats for sale , sphynx kitten for sale
BalasHapusPlease i just took up chihuahua puppies breeding as a hobby after my mom passed away because they were her favorite PUPPIES. Despite the fact that they are very intelligent, am finding it very difficult getting them to mate
BalasHapushairless cats for sale, hairless cat for sale, sphynx cat for sale near me, teacup chihuahua puppies for sale
Superb articles. Keep writing such beautiful articles. Turkey entry requirements are updated as per the requirement of Time . And with only 1 click you can also check the all update of turkey entry requirement.
BalasHapussmm panel
BalasHapussmm panel
iş ilanları
İNSTAGRAM TAKİPÇİ SATIN AL
hirdavatciburada.com
beyazesyateknikservisi.com.tr
Servis
Jeton hilesi
en son çıkan perde modelleri
BalasHapusözel ambulans
en son çıkan perde modelleri
lisans satın al
yurtdışı kargo
minecraft premium
uc satın al
nft nasıl alınır
Good content. You write beautiful things.
BalasHapussportsbet
vbet
vbet
taksi
korsan taksi
sportsbet
mrbahis
hacklink
mrbahis
erzurum
BalasHapuskuşadası
ümraniye
beşiktaş
ataşehir
ONVM
beşiktaş
BalasHapuseyüpsultan
gebze
kaş
tekirdağ
8AO
kağıthane
BalasHapusmuğla
tuzla
etiler
maltepe
TDZTVW
sd
BalasHapus💰Make money playing games
BalasHapus💰Make money watch video's
💰Earn Free gift cards
💵Cashout via paypal 🪙
Sign-Up-Here
vbet giriş vbet
BalasHapus