gambar

Selasa, 24 Desember 2013

LEMBAR KEGIATAN SISWA LKS KD 1.4. Menghargai karakter berakhlak mulia dalam memperkuat komitmen negara kesatuan



LEMBAR KEGIATAN SISWA
(LKS)
Mata pelajaran/tema/sub tema        : Pendidikan Kewarganegaraan  
Kelas/semester                                   : XI/1(Satu)
Hari/tanggal                                       :
Alokasi waktu                                    : 2x45 Menit
Nama kelompok                                :........................................
Anggota kelompok                            :.........................................
JUDUL                                                          : Karakter berakhlak mulia dalam    memperkuat komitmen negara kesatuan
A.       Kompetensi inti                                            :
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
B.        Kompetensi dasar                                        :
1.4. Menghargai karakter berakhlak mulia dalam memperkuat komitmen negara kesatuan
C.          Indikator pencapaian kompetensi            :
1.4.1. Menjelaskan pentingnya karakter berakhlak mulia dalam memperkuat komitnen Negara kesatuan.
1.4.2.  Menyebutkan makna karakter berakhlak mulia dalam memperkuat komitnen Negara kesatuan
1.4.3.Menerapkan sikap karakter berakhlak mulia dalam memperkuat komitnen Negara kesatuan
D.             Tujuan pembelajaran
1.   Siswa dapat Menjelaskan pentingnya karakter berakhlak mulia dalam memperkuat komitmen Negara kesatuan
2.   Siswa dapat menyebutkan makna karakter berakhlak mulia dalam memperkuat komitmen Negara kesatuan
3.   Siswa dapat Menerapkan sikap karakter berakhlak mulia dalam memperkuat komitmen Negara kesatuan
E.           Langkah-langkah kegiatan
·         Bacalah materi pembelajaran tentang  karakter berakhlak mulia dalam memperkuat komitmen negara kesatuan
·         Pahami  dan hayati materi tersebut.
·         Kerjakanlah tugas-tugas dibawah ini dengan memberi tanda centang (v) pada lembar pengamatan

F.            Pengamatan
Tugas pengamatan:
Amatilah lingkungan tempat tinggalmu, kemudian laporkan hasil pengamatanmu tentang karakter berakhlak mulia dalam memperkuat komitmen negara kesatuan
Lembar pengamatan:
NO
ASPEK PERILAKU
KATAGORI
KET
A
B
C
D
1
Membiasakan prilaku akhlak mulia





2
Membiasakan bertegur sapa antar sesama





3
Mengerjakan tugas dengan penuh tanggung jawab





4
Membiasakan untuk membina hidup rukun antar sesama





5
Menghormati antar sesama





6
Mematuhi peraturan





7
Membina kerukunan hidup antar ummat beragama





8
Membiasakan melaksanakan silaturahmi dengan sesama manusia












9
Membina kerjasama antar siswa






Keterangan:
A = sangat nampak penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
B = Nampak penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
C = Cukup nampak penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
D = Kurang nampak penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
G.    Analisis
Tuliskan hasil analisis pengamatan anda:
………………………………………………………………………………………………….……….………………………………………………………………………………………………………….............................................................................................................................

H.    Kesimpulan
Tuliskan kesimpulan pengamatan anda:
………………………………………………………………………………………………………….……………………………………………………………………………………………………….................................................................................................................................                                                                                               
I.          Penerapan
....................................................................................................................................................................................................................................................................................
     Soal latihan
1. Jelaskan yang dimaksud dengan akhlak mulia?
2. Sebutkan fungsi dan tujuan pengamalan akhlak mulia bagi umat manusia?
3. Jelaskan arti perlindungan diri dan hak asasi manusia yang tercantum dalam fungsi dan tujuan pengamalan akhlak mulia?
4. Jelaskan prinsip komitmen kebangsaan masyarakat Indonesia?
5. sebutkan contoh karakter berakhlak mulia dalam memperkuat komitmen bangsa?

·      Kunci jawaban
1. Akhlak berarti prilaku, sikap, perbuatan, adab dan sopan santun. Akhlak mulia berati seluruh prilaku umat manusia yang sesuai dengan tuntunan Al-Quran dan Hadist  yaitu adab sopan santun yang dicontohkan dan diajarkan Rasulullah Muhammad SAW kepada kepada seluruh umat manusia ketika beliau masih hidup. Akhlak beliau adalah Al-Quran.
2. Secara garis besar fungsi dan tujuan pengamalan akhlak mulia bagi umat manusia adalah :
 a. Sebagai pengamalan Syariat Islam : Sebagai pengamalan Syariat Islam. Islam sebagai agama rahmat bagi seluruh alam semeste telah ,e,berikan tuntunan prilaku dan etika secar sempurna, sehingga dengan niat karena Allah SWT, pengamalan akhlak yang mulia itu insya Allah akan menjadi ibadah bagi umat islam yang mengamalkanya.
 b. Sebagai Identias : Sebagai Identias, Akhlak mulia ini diperuntukkan oleh Allah kepada manusia yang berakal budi karena dengan tuntunan akhlak yang mulia akanbisa membedakan antara manusia denga hewan.
c. Pengatur Tatanan Sosial : Akhlak Mulia Sebagai Pengatur Tatanan Sosial berarti dengan pengamalan akhlak mulia yang sudah dicontohkan oleh yang Mulia Saydina Muhammad SAW mengukuhkan bahwa manusia sebagai makhluk sosial tidak akan pernah bisa dan lepas dari pengaruh lingkungannya. Dengan akhlak mulia ini tatanan sosial yang terbentuk  semakin memberikan makna dan nilai yang tidak saling merugikan.
d. Rahmat Bagi Seluruh Alam : Akhlak Mulia Sebagai Rahmat Bagi Seluruh Alam berarti akhlak mulia yang diperuntukkan bagi manusia tidak hanya mengatur tatanan hubungan manusia dengan manusia lainnya tetapi juga hubungan antara manusia dengan makhluk – makluk lain selian manusia dan alam sekitarnya.
e . Perlindungan Diri dan Hak Azazi Manusia ( HAM ) : Akhlak Mulia Sebagai Perlindunagn Diri dan Hak Azazi Manusia ( HAM ) berarti dengan menjalin hubungan yang baik berdasarkan hukum dan syariat agama akan terbentuk hubungan yang saling menghargai dan saling menguntungkan.
                 3. Perlindungan Diri dan Hak Azazi Manusia ( HAM ) : Akhlak Mulia Sebagai Perlindunagn Diri dan Hak Azazi Manusia ( HAM ) berarti dengan menjalin hubungan yang baik berdasarkan hukum dan syariat agama akan terbentuk hubungan yang saling menghargai dan saling menguntungkan.
4. Komitmen kebangsaan masyarakat Indonesia pada prinsipnya adalah kesadaran dan keyakinan terhadap tekad yang terwujud dalam kebersamaan kolektif dalam kerangka satu cinta tanah air, satu bangsa dan satu bahasa – yakni INDONESIA.
5.     a. meminta izin
        b. Menghormati orang yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda
        c. Bersikap santun dan tidak sombong
      d. Berbicara dengan perkataan yang sopan
e. Tidak boleh saling menghina
f. Tak boleh saling membenci dan iri hati

Bobot soal:
Soal no 1 = 20
Soal no 2 = 25
Soal no 3 = 25
Soal no 4 = 15
Soal no 5 = 15

Rubrik Penilaian (Pengetahuan/Pemahaman)
         Soal No.1
Skor 20
Jika peserta didik mampu menjawab dengan jelas/tepat sesuai dengan kajian teori pada buku pembelajaran
Skor 15
jika peserta didik mampu menjawab dengan jelas/mendekati kajian teori pada buku pembelajaran
Skor 10
jika peserta didik menjawab tidak terlalu jelas /tepat dengan kajian teori  Pada buku pembelajaran
Skor 5
jika peserta didik  menjawab tidak sesuai dengan kajian teori pada buku pembelajaran
Skor 0
jika peserta  tidak menjawab satupun pertanyaan yang diberikan

          Soal no. 2 dan 3
Skor 25
jika peserta didik mampu menjawab dengan jelas/tepat sesuai dengan kajian teori pada buku pembelajaran
Skor 20
jika peserta didik mampu menjawab dengan jelas /mendekati kajian teori  Pada buku pembelajaran
Skor 15
jika peserta didik menjawab tidak terlalu jelas /tepat dengan kajian teori  Pada buku pembelajaran
Skor 10
jika peserta didik  menjawab tidak sesuai dengan kajian teori pada buku pembelajaran
Skor 0
jika peserta  tidak menjawab satupun pertanyaan yang diberikan

Soal no. 4 dan 5
Skor 15
jika peserta didik mampu menjawab dengan jelas/tepat sesuai dengan kajian teori pada buku pembelajaran
Skor 10
jika peserta didik mampu menjawab dengan jelas /mendekati kajian teori  Pada buku pembelajaran
Skor 5
jika peserta didik menjawab tidak terlalu jelas /tepat dengan kajian teori  Pada buku pembelajaran
Skor 0
jika peserta  tidak menjawab satupun pertanyaan yang diberikan

·      Pendoman penskoran
Nilai = skor yang diperoleh  x 100    
                               skor maksimum


Daftar pustaka
·         Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan : Buku Guru/ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.—Jakarta, 2013 hal 160-162
·         Bambang Tri Purwanto, Membangun wawasan Kewarganegaraan, kelas X, SMA dan MA, PT. Tiga Serangkai Pustaka 2013, hlm 162-168
·         http://mutiaraislam.wordpress.com/halaman-utama/bicara-akhlak-2/pengertian-akhlak-mulia/













Tidak ada komentar:

Posting Komentar