LEMBAR KEGIATAN SISWA
(LKS)
Mata pelajaran/tema/sub
tema :
Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester :
XI/1(Satu)
Hari/tanggal :
Alokasi
waktu :
2x45 Menit
Nama
kelompok :........................................
Anggota
kelompok :.........................................
JUDUL
: Karakter
berakhlak mulia dalam memperkuat
komitmen negara kesatuan
A.
Kompetensi
inti :
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
B.
Kompetensi
dasar :
1.4. Menghargai karakter berakhlak mulia dalam
memperkuat komitmen negara kesatuan
C.
Indikator pencapaian kompetensi :
1.4.1.
Menjelaskan pentingnya karakter berakhlak mulia dalam memperkuat komitnen
Negara kesatuan.
1.4.2. Menyebutkan makna karakter berakhlak mulia
dalam memperkuat komitnen Negara kesatuan
1.4.3.Menerapkan
sikap karakter berakhlak mulia dalam memperkuat komitnen Negara kesatuan
D.
Tujuan
pembelajaran
1.
Siswa dapat Menjelaskan pentingnya
karakter berakhlak mulia dalam memperkuat komitmen Negara kesatuan
2.
Siswa dapat menyebutkan makna karakter
berakhlak mulia dalam memperkuat komitmen Negara kesatuan
3.
Siswa dapat Menerapkan sikap karakter
berakhlak mulia dalam memperkuat komitmen Negara kesatuan
E.
Langkah-langkah
kegiatan
·
Bacalah
materi pembelajaran tentang karakter berakhlak mulia
dalam memperkuat komitmen negara kesatuan
·
Pahami dan hayati materi tersebut.
·
Kerjakanlah
tugas-tugas dibawah ini dengan memberi tanda centang (v) pada lembar pengamatan
F.
Pengamatan
Tugas
pengamatan:
Amatilah
lingkungan tempat tinggalmu, kemudian laporkan hasil pengamatanmu tentang karakter berakhlak mulia dalam memperkuat komitmen
negara kesatuan
Lembar
pengamatan:
NO
|
ASPEK
PERILAKU
|
KATAGORI
|
KET
|
|||
A
|
B
|
C
|
D
|
|||
1
|
Membiasakan prilaku akhlak mulia
|
|||||
2
|
Membiasakan bertegur sapa antar sesama
|
|||||
3
|
Mengerjakan tugas dengan penuh tanggung jawab
|
|||||
4
|
Membiasakan untuk membina hidup rukun antar sesama
|
|||||
5
|
Menghormati antar sesama
|
|||||
6
|
Mematuhi peraturan
|
|||||
7
|
Membina kerukunan hidup antar ummat beragama
|
|||||
8
|
Membiasakan melaksanakan silaturahmi dengan sesama
manusia
|
|||||
9
|
Membina kerjasama antar siswa
|
Keterangan:
A = sangat nampak penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari
B = Nampak penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
C = Cukup nampak penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari
D = Kurang nampak penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari
G. Analisis
Tuliskan hasil analisis
pengamatan anda:
………………………………………………………………………………………………….……….………………………………………………………………………………………………………….............................................................................................................................
H. Kesimpulan
Tuliskan kesimpulan pengamatan
anda:
………………………………………………………………………………………………………….……………………………………………………………………………………………………….................................................................................................................................
I.
Penerapan
....................................................................................................................................................................................................................................................................................
Soal latihan
1. Jelaskan
yang dimaksud dengan akhlak mulia?
2. Sebutkan
fungsi dan tujuan pengamalan akhlak mulia bagi umat manusia?
3. Jelaskan
arti perlindungan diri dan hak asasi manusia yang tercantum dalam fungsi dan
tujuan pengamalan akhlak mulia?
4. Jelaskan prinsip komitmen kebangsaan masyarakat Indonesia?
5. sebutkan contoh karakter berakhlak mulia dalam memperkuat komitmen
bangsa?
· Kunci jawaban
1. Akhlak berarti prilaku, sikap, perbuatan,
adab dan sopan santun. Akhlak mulia berati seluruh prilaku umat manusia yang
sesuai dengan tuntunan Al-Quran dan Hadist yaitu adab sopan santun yang
dicontohkan dan diajarkan Rasulullah Muhammad SAW kepada kepada seluruh umat
manusia ketika beliau masih hidup. Akhlak beliau adalah Al-Quran.
2. Secara
garis besar fungsi dan tujuan pengamalan akhlak mulia bagi umat manusia adalah
:
a. Sebagai pengamalan Syariat Islam :
Sebagai pengamalan Syariat Islam. Islam sebagai agama rahmat bagi seluruh alam
semeste telah ,e,berikan tuntunan prilaku dan etika secar sempurna, sehingga
dengan niat karena Allah SWT, pengamalan akhlak yang mulia itu insya Allah akan
menjadi ibadah bagi umat islam yang mengamalkanya.
b. Sebagai Identias : Sebagai Identias,
Akhlak mulia ini diperuntukkan oleh Allah kepada manusia yang berakal budi
karena dengan tuntunan akhlak yang mulia akanbisa membedakan antara manusia
denga hewan.
c. Pengatur Tatanan
Sosial : Akhlak Mulia Sebagai Pengatur Tatanan Sosial berarti dengan
pengamalan akhlak mulia yang sudah dicontohkan oleh yang Mulia Saydina Muhammad
SAW mengukuhkan bahwa manusia sebagai makhluk sosial tidak akan pernah bisa dan
lepas dari pengaruh lingkungannya. Dengan akhlak mulia ini tatanan sosial yang
terbentuk semakin memberikan makna dan nilai yang tidak saling merugikan.
d. Rahmat Bagi
Seluruh Alam : Akhlak Mulia Sebagai Rahmat Bagi Seluruh Alam berarti
akhlak mulia yang diperuntukkan bagi manusia tidak hanya mengatur tatanan
hubungan manusia dengan manusia lainnya tetapi juga hubungan antara manusia
dengan makhluk – makluk lain selian manusia dan alam sekitarnya.
e . Perlindungan
Diri dan Hak Azazi Manusia ( HAM ) : Akhlak Mulia Sebagai Perlindunagn
Diri dan Hak Azazi Manusia ( HAM ) berarti dengan menjalin hubungan yang baik
berdasarkan hukum dan syariat agama akan terbentuk hubungan yang saling
menghargai dan saling menguntungkan.
3. Perlindungan
Diri dan Hak Azazi Manusia ( HAM ) : Akhlak Mulia Sebagai Perlindunagn Diri dan Hak Azazi
Manusia ( HAM ) berarti dengan menjalin hubungan yang baik berdasarkan hukum
dan syariat agama akan terbentuk hubungan yang saling menghargai dan saling
menguntungkan.
4. Komitmen
kebangsaan masyarakat Indonesia pada prinsipnya adalah kesadaran dan keyakinan
terhadap tekad yang terwujud dalam kebersamaan kolektif dalam kerangka satu
cinta tanah air, satu bangsa dan satu bahasa – yakni INDONESIA.
5. a. meminta izin
b. Menghormati orang yang lebih tua dan
menyayangi yang lebih muda
c. Bersikap santun dan tidak sombong
d. Berbicara dengan perkataan yang
sopan
e. Tidak boleh saling menghina
f. Tak
boleh saling membenci dan iri hati
Bobot
soal:
Soal no 1
= 20
Soal no 2
= 25
Soal no 3
= 25
Soal no 4
= 15
Soal no 5
= 15
Rubrik Penilaian (Pengetahuan/Pemahaman)
Soal No.1
Skor 20
|
Jika peserta didik mampu menjawab dengan
jelas/tepat sesuai dengan kajian teori pada buku pembelajaran
|
Skor 15
|
jika peserta didik mampu menjawab dengan
jelas/mendekati kajian teori pada buku pembelajaran
|
Skor 10
|
jika
peserta didik menjawab
tidak terlalu jelas /tepat dengan kajian teori Pada buku pembelajaran
|
Skor 5
|
jika
peserta didik menjawab tidak sesuai dengan kajian
teori pada buku pembelajaran
|
Skor 0
|
jika peserta tidak
menjawab satupun pertanyaan yang diberikan
|
Soal no. 2 dan 3
Skor 25
|
jika peserta didik mampu menjawab dengan jelas/tepat
sesuai dengan
kajian teori pada buku pembelajaran
|
Skor 20
|
jika
peserta didik mampu menjawab
dengan jelas /mendekati
kajian teori Pada buku pembelajaran
|
Skor 15
|
jika
peserta didik menjawab
tidak terlalu jelas /tepat dengan kajian teori Pada buku pembelajaran
|
Skor 10
|
jika
peserta didik menjawab tidak sesuai dengan kajian
teori pada buku pembelajaran
|
Skor 0
|
jika peserta tidak
menjawab satupun pertanyaan yang diberikan
|
Soal no. 4 dan 5
Skor 15
|
jika peserta didik mampu menjawab dengan jelas/tepat
sesuai dengan
kajian teori pada buku pembelajaran
|
Skor 10
|
jika
peserta didik mampu menjawab
dengan jelas /mendekati
kajian teori Pada buku pembelajaran
|
Skor 5
|
jika
peserta didik menjawab
tidak terlalu jelas /tepat dengan kajian teori Pada buku pembelajaran
|
Skor 0
|
jika peserta tidak
menjawab satupun pertanyaan yang diberikan
|
· Pendoman penskoran
Nilai = skor
yang diperoleh x 100
skor maksimum
Daftar
pustaka
·
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan : Buku Guru/
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.—Jakarta, 2013 hal 160-162
·
Bambang Tri Purwanto, Membangun wawasan Kewarganegaraan,
kelas X, SMA dan MA, PT. Tiga Serangkai Pustaka 2013, hlm 162-168
·
http://mutiaraislam.wordpress.com/halaman-utama/bicara-akhlak-2/pengertian-akhlak-mulia/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar